Kiat Memilih Busana Muslim untuk Pesta

Kompas.com - 22/03/2012, 19:55 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Model busana muslim untuk pesta yang sesuai kaidah tak banyak berubah, seperti gamis atau kaftan yang kerap digemari penikmatnya. Meski begitu, Anda bisa mengeksplorasi ragam gaya busana muslim yang memenuhi pakem seperti longgar dan tak membentuk tubuh, tapi punya keunikan. Lantas bagaimana menemukan busana pesta muslim yang gaya, praktis, simpel namun tak berlebihan tapi tetap menonjolkan kemewahan?

Desainer dan pemilik label Bilqis, Tuty Adib mengatakan tampil gaya dengan busana muslim yang sesuai kaidah mengandalkan pilihan bahan yang tepat dan menyiasati detil pada busana, termasuk dalam teknik cutting. Kemampuan untuk menampilkan ragam gaya unik dalam berbusana muslim punya andil besar, untuk menyiasati model busana muslim seperti gamis agar tak terlihat terlalu sederhana.

"Keindahan busana muslim terletak pada detil. Jika dalam busana resmi permainan manik menonjol, pada busana harian cukup dengan permainan kain, perca, bebatuan sebagai detil," ungkap Tuty di sela peluncuran buku inspirasi busana muslim untuk pesta, Flowing by Tuty Adib, di Hotel Ambhara, Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Menurut Tuty, busana muslim untuk pesta tidak harus selalu meriah. Dengan kata lain, sentuhan bling-bling sebaiknya hanya pada bagian tertentu saja. "Bajunya boleh saja polos, tapi tambahkan bling-bling pada kalung atau aksesorinya agar ada unsur menarik dari baju tersebut," ungkapnya.

Pilihan bahan juga turut menentukan. Seperti bahan sifon jenis poly atau yang dihasilkan dari serat polyester atau rayon. Bahan jenis ini memiliki kekuatan lebih baik dari sifon sutera. Pasalnya, sifon polyester dapat dikreasikan dalam bentuk draperi yang mempercantik busana.

Di acara yang sama, desainer Taruna Kusmayadi juga berpendapat busana muslim mementingkan detil, dalam hal ini termasuk draperi, untuk menyiasati modelnya yang tak bisa menonjolkan lekuk tubuh. "Menempatkan detil yang pantas dan pas penting dalam merancang busana muslim, termasuk untuk baju pesta," jelasnya.

Saat memilih busana muslim untuk pesta, perhatikan detil dan bagaimana perancang menempatkan detil tersebut selayaknya, tak berlebihan namun tetap memberikan kesan elegan dan mewah, sebagai sarat yang sepatutnya dimiliki baju pesta.

 

 

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X