Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsi Aman Makan Daging Merah

Kompas.com - 01/04/2012, 16:23 WIB

KOMPAS.com - Selama ini kita sangat menjauhi daging merah karena bisa menaikkan kandungan kolesterol dalam tubuh, dan ini pasti akan dikaitkan dengan penyakit gangguan jantung. Tapi apa iya kita harus benar-benar menghindari daging merah?

Kita boleh saja mengonsumsi daging merah, asalkan porsinya tidak berlebihan. Sebab, konsumsi daging merah pada dasarnya aman bagi kesehatan. Hal ini dijelaskan para peneliti di Harvard School of Public Health. Konsumsi daging merah yang wajar dan aman adalah dua kali seminggu. Dengan catatan, yang kita makan adalah daging sapi segar yang langsung dimasak.

Aturan  ini menjadi berbeda jika yang kita konsumsi adalah daging yang sudah melalui proses pengolahan, seperti sosis atau kornet. Menurut para ahli, risiko kita terkena penyakit jantung akan meningkat hingga 42 persen, untuk setiap 50 gram daging yang akan kita konsumsi. Pasalnya, setelah melalui banyak tahap pemrosesan, daging jenis ini mengandung sodium 4 kali lebih banyak, dan nitrat 2 kali lebih banyak, dibandingkan daging yang belum diolah.

Semua hal itulah yang turut meningkatkan tekanan darah dan risiko terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah atau atherosclerosis. Jadi jangan sampai "lupa daratan" ketika mengonsumsi daging merah. Semua makanan harus kita konsumsi dalam porsi yang aman agar tubuh tidak "keberatan" mengolahnya.

(Christina/Siagian Priska)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com