Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Fisik pada Testis

Kompas.com - 06/04/2012, 07:32 WIB

TANYA :

Salam Prof.  Dulu ketika saya masih SMP, saya gemar bermain sepak bola dan sampai sekarang. Waktu itu, kebetulan teman sepermainan saya menendang bola plastik dan mengenai skrotum atau buah zakar saya. Pada saat itu, saya mengalami sakit yang luar biasa pada skrotum dan memutuskan untuk berhenti melanjutkan permainan sepak bola. Dan rasa sakit itu bertahan kurang lebih 10 menit. Pada saat saya mandi, saya mengamati bahwa buah zakar saya sebelah kanan telah turun beda ukuran dengan yg sebelah kiri. Dan sampai saat ini pun masih beda ukuran dan masih terasa sakit. Apakah berpengaruh dengan sistem reproduksi saya nanti ketika menikah ?

(Joehan, 22, Bekasi)

 

 

JAWAB :

Perlu saya jelaskan dulu bahwa "skrotum" berarti kantung di mana buah zakar (testis) berada. Jadi, skrotum hanya kantung yang menjadi tempat buah zakar. Trauma fisik yang mengenai buah zakar dapat menimbulkan keradangan yang antara lain menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.

Kalau ini terjadi, salah satu akibat buruknya adalah kerusakan bagian yang memproduksi sperma. Akibat lebih lanjut terjadi gangguan kesuburan. Jadi yang perlu Anda perhatikan sekarang, apakah benar trauma akibat sepak bola itu sampai menimbulkan gangguan kesuburan.

Caranya, datanglah ke dokter untuk mendapat pemeriksaan langsung. Pada pemeriksaan, termasuk ukuran dan kekenyalan buah zakar. Selanjutnya perlu mendapat pemeriksaan sperma.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com