Nyonya Meneer Jual Jamu ke China

Kompas.com - 07/04/2012, 15:12 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Jumlah penduduk sangat besar, ekonomi maju, dan tingginya daya beli masyarakat, membuat China menjadi target pasar empuk bagi sejumlah perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Hal itu pula yang dibidik PT Nyonya Meneer untuk memperluas bisnis jamunya di Tiongkok pada pertengahan tahun ini.

Charles Saerang, Presiden Direktur sekaligus CEO PT Nyonya Meneer mengatakan, perusahaannya akan masuk ke China dengan mengandalkan jamu yang dikemas dalam produk makanan dan minuman. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Nyonya Meneer mendapatkan izin memasarkan produknya dari pemerintah China.

"Kami akan menggunakan izin memasarkan produk makanan dan minuman untuk memasarkan produk Nyonya Meneer. Karena, selama ini produk jamu dari Indonesia sangat sulit untuk mendapatkan izin masuk ke China," ungkap Charles, Kamis (5/4/2012) lalu.

Nyonya Meneer pun telah mengembangkan es krim jamu sebagai salah satu produk jamu dalam kemasan makanan untuk diekspor ke Negeri Panda itu.

"Kami sudah punya beberapa produk jamu dalam kemasan makanan dan minuman untuk diekspor. Untuk raw material (bahan baku), kami akan bekerjasama dengan distributor lokal di China, sesuai regulasi di negera itu," jelasnya.

Dia mengungkapkan, China memiliki potensi pasar jamu yang besar, diperkirakan mencapai hingga Rp 50 triliun per tahun. Jumlah tersebut hampir lima kali lipat dari omzet jamu di Indonesia pada 2011, yang hanya mencapai Rp 11, 5 triliun.

Buka pabrik jamu

Charles pun berani menargetkan, Nyonya Meneer dapat meningkatkan omzetnya hingga Rp 1 triliun per tahun, setelah memasukan produk yang berbahan dasar temulawak, jahe, pegagan, kencur dan daun sambiloto. Pasalnya, saat ini, masyarakat China sangat membutuhkan bahan baku tersebut.

"Bahan baku seperti ini tidak dapat tumbuh di China yang memiliki empat musim," katanya.

Untuk memuluskan langkah ekspansi tersebut, Charles mengaku telah menandatangani nota kesepahaman pendistribusian produk jamu dengan China Chamber of Commerce for Import and Export of Medicines and Health Product (CCCHMPHPIE).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.