Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obesitas Tingkatkan Risiko Kanker Ginjal

Kompas.com - 10/04/2012, 06:29 WIB

KOMPAS.com - Hasil penelitian Pusat Studi Kanker Inggris menunjukkan, obesitas meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 70 persen. Bandingkan dengan rokok yang meningkatkan risiko kanker ginjal sebesar 50 persen.

Penyebabnya, obesitas memicu kenaikan hormon tertentu yang dapat meningkatkan risiko kanker. Pusat Studi Kanker Inggris memperkirakan, 25 persen kasus kanker ginjal pada pria dan 22 persen kanker ginjal pada perempuan disebabkan oleh kegemukan.

Jumlah kasus kanker ginjal di Inggris tahun 1975 hanya 2.300 kasus, meningkat menjadi 9.000 kasus tahun 2009. Selama 35 tahun terakhir, angka kegemukan naik 70 persen pada pria dan 60 persen pada perempuan di negara itu.

Menurut Direktur Informasi Pusat Studi Kanker Inggris Sara Hiom kepada BBC, Jumat (30/3), kegemukan juga menjadi faktor risiko beberapa jenis kanker lain, seperti kanker payudara, usus besar, dan kanker rahim. Kanker ginjal kini menduduki urutan kedelapan dari kanker yang paling banyak diderita masyarakat. Adanya darah dalam air kencing dapat dijadikan pertanda awal. Jika terdeteksi lebih dini, kanker ginjal dapat disembuhkan dengan pembedahan.

Pakar kanker ginjal, yang juga guru besar di Universitas Cambridge, Inggris, Tim Eisen, mengatakan, 10 tahun terakhir, Pusat Studi Kanker Inggris mengembangkan obat baru yang merusak aliran darah ke kanker ginjal. Namun, obat ini hanya membantu mengontrol penyakit, bukan menyembuhkan. (BBC/CANCERRESEARCHUK/MZW)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com