Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jebakan Gaya Makan di Kantor

Kompas.com - 11/04/2012, 12:55 WIB

KOMPAS.com - Kantor merupakan tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja. Tak jarang hal ini membuat kita terasa jenuh, dan lebih sering merasa lapar karena adanya tekanan pekerjaan. Tak heran di meja kerja kita selalu tersedia camilan. Dan, persediaan makanan ini bakal merusak diet kita! Ingin tahu bagaimana harus menghindar dari jebakan makanan di kantor yang merusak diet?

1. Kudapan manis di meja sebelah

Seorang rekan kerja bermaksud bermurah hati dengan membawakan martabak atau kudapan manis lainnya bagi teman-teman di kantor. Mungkin saja martabak dimaksudkan sebagai selingan untuk mengalahkan rasa kantuk pada sore hari. Namun ketika mengunyah kudapan manis sambil ngobrol seru, tak sadar sudah beberapa potong donat sudah masuk ke perut Anda dalam waktu lima menit saja.

"Jika tahu ada makanan di meja teman Anda, dan Anda tergoda, sebaiknya ambil jalan yang berbeda tanpa melewati meja tersebut. Ini akan sangat membantu diri sendiri untuk mengontrol makanan yang masuk," saran Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetic Association, sekaligus penulis buku The Small Change Diet.

2. Perayaan ulang tahun

Merayakan ulang tahun identik dengan makan-makan. Apalagi ketika yang merayakan hari jadi adalah kantor. Nah, ketika melihat ada makanan terhampar di meja, tentunya Anda akan merasa sangat bersalah dan tidak enak ketika tidak turut untuk menyantapnya. Tapi haruskah kita menghindarinya?

"Jika kantor merayakan ulang tahun setahun sekali, nikmati saja. Mengapa tak memanjakan diri dengan makanan yang nikmat setahun sekali?" ungkap Gans.

Yang harus diperhatikan adalah jika merayakan ulang tahun semua rekan kerja, yang tak jarang bisa berlangsung beberapa kali dalam sebulan. Ketika mengikuti acara makan-makan ulang tahun rekan kerja, hindari menyantap dessert yang manis karena kandungan lemaknya cukup tinggi. "Lewatkan saja dessert-nya, agar tak ketagihan untuk terus nambah," tukasnya.

3. Kopi
Menjelang sore hari, rasanya energi sudah menurun dan rasa kantuk semakin tinggi. Apa yang Anda lakukan? Minum kopi? Sebaiknya saat sedang diet, hindari minum kopi untuk menambah energi di sore hari. Minum kopi hitam sebenarnya tidak begitu bermasalah, yang berbahaya jika Anda menambahkan creamer dan gula ke dalamnya. Dua sendok teh gula yang dicampur ke dalamnya bisa meningkatkan kalori sebanyak 75 kalori.

"Jika benar-benar kehabisan energi, cobalah untuk mengatur pola tidur lebih awal, dan hindari makanan yang berlemak karena bisa membuat Anda merasa lesu," tukas Gans.

4. Makan siang "delivery"
Anda harus berhati-hati saat Anda tidak sempat keluar untuk makan siang, lalu mengandalkan jasa layan antar dari restoran. Bahayanya karena Anda selalu bebas memilih menu yang mereka sajikan. Dengan cara memesan, Anda memiliki banyak waktu untuk memilih makanan, dan tidak harus membuat keputusan seketika saat pelayan menanyakan pesanan Anda seperti saat berada di restoran.

Pesanan makan siang dengan layan antar akan membuat Anda lebih mudah untuk berpindah-pindah dan memilih menu lebih lama, dan Anda cenderung memilih menu yang istimewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com