Bayi Juga Perlu Pakai Losion

Kompas.com - 18/04/2012, 08:59 WIB

KOMPAS.com - Meski kulit bayi masih halus dan lembut, namun ternyata juga membutuhkan perawatan yang baik. Sebab menurut dr Abraham Arimuko, SpKK, sejak lahir kulit manusia sebenarnya sudah mengalami proses penuaan atau aging. "Ini disebut premature skin aging. Sehingga ketika kulit bayi tidak dirawat dengan baik maka bisa mengalami penuaan dini pada kulitnya," tukas Abraham, saat peluncuran produk body lotion di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/4/2012) lalu.

Proses premature skin aging ini meliputi warna kulit yang gelap, kering, kusam, keriput, sampai alergi. Hal ini bisa terjadi karena dipicu berbagai faktor luar seperti polusi, salah perawatan, ruang berpendingin udara, sampai asap rokok. "Yang perlu diingat, penuaan kulit ini tidak bisa dihindari, tapi bisa dicegah," bebernya.

Pada bayi, kemungkinan proses penuaan kulit ini tidak terlalu terlihat karena proses regenerasi kulit bayi masih tergolong cepat sehingga tidak terlalu bermasalah. Namun semakin usia bertambah, regenerasi kulit juga mengalami perlambatan sehingga proses penuaan akan lebih terlihat jelas. Oleh karena itu, kulit tubuh membutuhkan perawatan sedini mungkin sebelum permasalahan kulit yang dialami semakin banyak, dan kulit menua lebih cepat.

Abraham menyarankan untuk mengawali perawatan kulit untuk menghindari proses premature aging ini sejak bayi, salah satunya dengan pengaplikasian losion khusus untuk bayi. "Body lotion itu tak hanya ditujukan bagi orang dewasa saja, tapi juga bayi untuk mempertahankan kelembaban kulit dan merawat kulit halusnya," tukasnya.

Apalagi, tanpa disadari bayi juga bisa terpapar polusi dan masalah lain yang menyebabkan kulit mereka kering. Misalnya saat mereka mandi, air hangat yang digunakan juga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Kulit bayi sebenarnya juga mendapatkan perlindungan natural dari tubuhnya, namun ketika bayi dibersihkan atau dimandikan, sedikit-sedikit perlindungan kulit ini akan terkikis dan hilang. Lama-kelamaan proses ini akan membuat kulit bayi menjadi lebih kering dan sensitif.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kulit bayi diberi perlindungan ekstra dari moisturizer atau pelembab yang aman untuk kulit mereka. Body lotion yang digunakan oleh orang dewasa baru aman digunakan untuk anak berusia dua tahun ke atas. Untuk anak berusia satu tahun, berikan body lotion khusus bayi. Menurut
Abraham, sebenarnya losion untuk orang dewasa dan untuk bayi menggunakan bahan kimia yang sama, hanya kadar bahan kimianya yang berbeda.

Dengan perlindungan ganda dari perlindungan alami kulit bayi dan dilapisi oleh perlindungan artifisial dari body lotion, maka kulit bayi akan lebih terawat dan lebih halus, dan secara tak langsung akan kulit sehat mereka akan terjaga sampai dewasa.


EditorDini

Close Ads X