Aturan Berbusana Sesuai 6 Bentuk Tubuh

Kompas.com - 23/04/2012, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Ingin tubuh terlihat langsing tanpa harus melakukan diet ketat? kalau begitu coba saja perbaiki cara penampilan Anda agar tubuh terlihat lebih langsing dan indah. Salah satu yang harus diperhatikan ketika berpakaian agar tubuh terlihat langsing adalah kesesuaian busana yang digunakan dengan bentuk tubuh yang dimiliki.

"Tampil sempurna bukan berarti harus mengikuti seluruh perkembangan mode, apalagi dengan menggunakan barang-barang mahal. Akan lebih baik jika Anda berpenampilan sesuai dengan bentuk tubuh," ungkap Maria Herijanti, Group Head Manager Centro, dalam acara peluncuran produk diet di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebelum memilih pakaian, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain bentuk tubuh, warna yang cocok, usia, dan style Anda. Biasanya, Anda sudah mahir untuk memilih busana berdasarkan warna, usia dan style pribadi, namun sayangnya seringkali bentuk tubuh ini kurang diperhatikan sehingga membuat tubuh terlihat lebih berisi dan gemuk. Pada dasarnya tubuh manusia khususnya perempuan dibagi menjadi enam bagian besar. Untuk mendapatkan busana yang pas dengan bentuk tubuh Anda, maka ada perhatikan hal berikut ini:

1. Pir
Bentuk tubuh seperti ini merupakan bentuk tubuh yang lebih dikenal dengan tubuh pir. Pada bentuk tubuh ini, bagian pinggul, paha, dan bokong merupakan bagian terbesar dari bagian tubuh lainnya. Bentuk tubuh ini dimiliki oleh artis Hollywood seperti Beyonce, Jennifer Love Hewitt, Shakira, dan JLo.

Busana terbaik: Untuk mendapatkan hasil padu padan yang baik, maka sebaiknya bagian bawah yang lebih besar ini harus diseimbangkan dengan bagian atas tubuh. Seimbangkan bagian bawah yang besar dengan menggunakan busana atau pakaian atasan yang cukup "ramai" dan berwarna lebih cerah. Cara ini dapat membuat perhatian teralihkan pada bagian atas tubuh yang ramping dan bukan di bagian bawah.

Gunakan baju atasan dengan kerah yang besar, lengan yang besar dan bermodel, atau dengan tambahan renda atau draperi. Baju atasan dengan detil di bagian bahu atau di lengan, atau motif garis horisontal juga bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh. Rok dengan model basic cut dan celana panjang yang slim dan bebas dari aneka detil adalah pilihan yang pas.

Hindari: Agar bagian bokong tak terlihat terlalu besar maka hindari celana dengan model tube, pensil, atau pun rok model fishtail. Hindari juga model celana atau rok yang terlalu ketat karena bisa mempertegas bentuk bokong yang besar.

2. Segitiga terbalik.
Bentuk tubuh ini merupakan bentuk tubuh mirip segitiga terbalik. Ciri-cirinya, bahunya lebih lebar dibandingkan dengan pinggang, sehingga bahu ini terlihat lebih kuat dan besar mirip seperti seorang atlet. Tubuh ini nyaris tak memiliki lekuk tubuh.

Busana terbaik: Tubuh bentuk ini mirip seperti tubuh yang maskulin karena bahunya yang lebih lebar dan besar, sehingga untuk menyamarkan bentuk ini gunakan baju atasan dengan model clean cut tanpa detil terutama dibagian bahu.

Gunakan atasan dengan warna yang lembut untuk menghilangkan perhatian dari garis bahu ini. Seimbangkan bentuk tubuh ini dengan cara bermain di bagian bawahan. Gunakan aneka model bawahan rok A-line atau celana yang bervolume dengan tambahan draperi atau lipatan yang bisa membuat pinggang terlihat lebih besar. Untuk celana panjang sebaiknya gunakan celana dengan model regular cut, atau semi boot cut yang agak besar dibagian bawahnya.

Hindari: Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, dan juga celana pensil dengan ujung yang mengecil.

3. Persegi panjang.
Bentuk tubuh ini memiliki karakteristik antara lain, bagian payudara dan pinggul memiliki ukuran yang sama, tidak memiliki garis pinggang yang jelas, tidak memiliki lekuk tubuh. Artis yang memiliki bentuk tubuh ini antara lain Cameron Diaz, Nichole Kidman, Hillary Duff, dan Melanie C.

Halaman:


Editorwawa

Close Ads X