Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sebab Gangguan Haid Pascapersalinan?

Kompas.com - 23/04/2012, 10:24 WIB

Tanya: Waktu melahirkan anak pertama satu tahun lalu, selesai nifas selama satu bulan dua minggu, setelah itu saya tidak haid lagi. Enam bulan setelah melahirkan baru saya haid, itu pun tidak banyak, hanya 2-3 hari saja, dan ini berlangsung hanya dua bulan. Sampai sekarang saya tidak haid lagi dan ini sudah berlangsung selama enam bulan. Saya coba pakai test pack, ternyata hasilnya negatif. Apa yang terjadi pada saya? (Septya Ningsih - Banjarmasin).

Jawab: Gangguan haid bisa disebabkan banyak faktor, misalnya masih menyusui, pemakaian KB hormonal, ada kelainan organ kandungan atau organ yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi wanita, dan stres kejiwaaan yang berat. Ibu tidak mencantumkan apakah saat ini masih menyusui atau sudah memakai keluarga berencana (KB) yang mengandung hormon.

Proses menyusui yang baik (misalnya, ASI eksklusif) dapat sebagai metode KB sementara. Hormon prolaktin yang tinggi pada waktu menyusui akan menyebabkan penekanan pada indung telur sehingga sel telur tidak berkembang, akibatnya tidak terjadi haid.

Metode KB hormonal juga akan menekan fungsi indung telur dan selaput lendir rahim. Sel telur tidak berkembang sehingga tidak ada haid. Kelainan pada indung telur dapat menyebabkan gangguan haid, misalnya kista atau tumor. Pemeriksaan USG transvaginal dapat membantu deteksi dini adanya kelainan organ kandungan.

Selain kista indung telur, infeksi rongga rahim yang berat (misalnya karena TBC) juga dapat menyebabkan gangguan haid. Stres kejiwaan atau fisik yang berat dan berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan haid, misalnya haid berhenti atau keluar flek dalam waktu lama.

Saran saya, segera ke dokter spesialis kandungan untuk memeriksa apa penyebab dari gangguan haid tersebut. Bila dicurigai ada faktor stres kejiwaan, ibu bisa konsultasi dengan psikolog.

(Dr Judi Januadi Endjun, SpOG/Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com