Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andra Alodita: Dunia Di Balik Panggung Mode

Kompas.com - 01/05/2012, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Sosok Andra Alodita (25) lebih mirip fotomodel.

”Ha-ha-ha, pernah, sih, beberapa kali jadi fotomodel, tetapi saya lebih suka di belakang layar. Saya lebih suka dikenal orang karena karya-karya saya,” kata Andra.

Kami bertemu Andra di rumahnya, di kawasan Pondok Indah, Jakarta, pada pekan pertama April lalu. Sepanjang pertemuan, wajah dan pembawaannya selalu segar, termasuk ketika kami memintanya difoto di luar rumah di siang yang panas.

Gayanya santai dengan blus longgar, rok pendek, dan sandal. Saat berbincang, sesekali dia menyibakkan rambut tebalnya sepanjang bahu, seperti model iklan sampo.

Andra adalah seorang fotografer lepas (freelancer) yang banyak mengabadikan momen di dunia mode. Namun, jangan membayangkan hasil jepretannya adalah foto para peragawati yang tengah berjalan di atas panggung. Andra lebih suka memotret berbagai kejadian di belakang panggung, sebelum dan ketika peragaan busana berlangsung. Ia mulai memotret peristiwa di belakang panggung itu ketika bertugas memotret di peragaan busana karya Biyan Wanaatmadja tahun 2010.

Lihat saja foto-foto karyanya yang dipajang di blog pribadinya alodita.blogspot.com. Sebagian besar adalah foto ketika peragawati tengah bersiap sebelum pergelaran atau ketika para model bersiap untuk sesi pemotretan.

Dalam foto untuk peragaan karya desainer Biyan Wanaatmadja, Andra menangkap momen saat para model yang telah mendapat riasan wajah duduk di lantai. Masa-masa menunggu untuk tampil di atas panggung mereka pergunakan untuk bermain telepon genggam atau berbagi cerita dengan yang lain.

”Di belakang panggung, saya bisa melihat banyak hal. Saya melihat bagaimana rumitnya menyiapkan acara yang tidak diketahui para tamu. Kalau saya memotret di depan panggung, saya hanya akan mendapat gambar ketika model berjalan manis memperagakan busana,” tutur Andra.

Sulung dari tiga bersaudara ini lantas bercerita tentang banyak hal yang membuatnya menikmati memotret di belakang panggung. Banyak drama, sekaligus sebagai realitas, dari dunia mode.

Andra bisa melihat hiruk-pikuk ketika desainer, penata rias, dan staf lainnya sibuk menyiapkan model agar tampil sempurna. ”Mereka bisa sampai teriak-teriak karena semuanya harus dilakukan dengan cepat, apalagi saat ganti baju. Saya juga pernah melihat para model tidur di belakang panggung, membawa sleeping bag sendiri kalau harus mengisi beberapa peragaan,” tuturnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com