Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Ereksi akibat Onani Dibantu Istri?

Kompas.com - 02/05/2012, 08:44 WIB

 

TANYA :

Usia saya 35 tahun. Istri 26 tahun. Semenjak kelahiran anak kedua 2 bulan yang lalu, penis saya tidak bisa ereksi. Ereksi sebentar, kemudian lemas lagi. Kalau saya perhatikan, pada pagi haripun sulit mengalami ereksi. Apakah ini ciri saya mengalami impotensi? Perlu di ketahui, selama masa nifas, saya sering onani dibantu istri untuk melepaskan hasrat seksual, apakah ini penyebabnya? Apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan ereksi saya kembali seperti semula?

(Andik Kusuma, 35 , Purwokerto)

 

JAWAB :

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan gangguan ereksi. Tetapi perlu dipastikan apakah gangguan ereksi yang Anda alami disebabkan karena gairah seksual Anda terganggu ataukah gairah seksual Anda tetap seperti biasa.

Kalau ternyata gairah seksual Anda terganggu atau hilang, tentu saja ereksi juga terganggu bahkan gagal.

Tetapi kalau gairah seksual Anda tetap seperti biasa, sementara ereksi terganggu maka ini disebut disfungsi ereksi. Kedua gangguan ini harus dipastikan dulu sebelum mendapat pengobatan yang tepat. Namun masturbasi (onani) yang Anda lakukan itu tidak mengakibatkan gangguan ereksi.

Jadi diperlukan evaluasi dan pemeriksaan lebih dulu untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami. Setelah itu barulah diberikan pengobatan yang tepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com