Cara Mengurangi 500 Kalori Agar Langsing

Kompas.com - 09/05/2012, 17:19 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Diet tepat dengan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang setiap hari, juga memerhatikan asupan kalori, dapat membuat tubuh langsing dan sehat. Memang butuh waktu serta perlu mengombinasikannya dengan olahraga. Apalagi jika Anda menginginkan tubuh sehat dan berat badan terjaga dalam jangka panjang.

Saat melakukan diet, sebaiknya penuhi kebutuhan akan karbohidrat (55-60 persen dari kalori), lemak (20-30 persen), dan protein (15-20 persen). Total kebutuhan kalori rata-rata orang dewasa mencapai 2.000 per hari. Namun jika aktivitas fisik Anda tergolong rendah, lebih sering menghabiskan waktu di depan layar komputer di meja kerja, kurangi asupan kalori per hari hinga 1.800.

"Low calorie diet merupakan konsep diet yang paling dianjurkan. Jurnal kesehatan mengakui low calorie diet dengan gizi seimbang, merupakan konsep diet yang sehat dan boleh diterapkan. Tentunya dengan menerapkan healthy diet, menyeimbangkan makanan, aktivitas dan keseluruhan perubahan perilaku," jelas Susana, Head of Nutrifood Research Centre dalam bincang-bincang bertema Be Smart Choosing Your Diet, di fX Lifestyle X'nter Jakarta, Rabu (9/5/2012).

Nah, jika ingin lebih ramping, lakukan diet dengan mengurangi 500 kalori dari kebutuhan harian Anda. Jika kebutuhan kalori harian Anda adalah 1.800, maka kurangi 500 kalori per hari jika ingin menurunkan berat badan.

Anda bisa dikatakan berhasil menjalankan low calorie diet ini jika setiap minggunya Anda berhasil menurunkan berat badan 0,5 - 1,5 kg.

Astri Kurniati, Manager Nutrition and Health Science dari Nutrifood Research Center mengatakan ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi 500 kalori per hari ini. Anda bisa membatasi atau bahkan menghindari sejumlah makanan atau melakukan sejumlah aktivitas fisik yang setara dengan menghilangkan 500 kalori dari dalam tubuh.

Pola makan
Masing-masing makanan ini setara dengan 500 kalori. Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari sejumlah makanan ini:
* Satu ukuran besar kentang goreng.
* Dua buah donat.
* Satu porsi besar minuman sejenis frappucino
* Empat buah French macaroons.
* Dua potong ayam goreng.
* Satu potong kue.

Aktivitas fisik

Diet sehat juga memerhatikan unsur olahraga. Pola makan yang telah terjaga dengan baik akan memberikan hasil maksimal terhadap penurunan berat badan jika ditambah olahraga rutin.

Masing-masing jenis olahraga yang disertai durasi latihan ini setara dengan 500 kalori. Jika ingin menurunkan berat badan, selain mengatur pola makan, lakukan olahraga rutin dengan memilih salah satu atau memvariasikan jenis aktivitas fisik ini:
* Balet 111 menit.
* Tenis 84 menit.
* Yoga 216 menit.
* Renang 77 menit.
* Belly dance 131 menit.
* Lari 43 menit.
* Senam 83 menit.
* Shopping berjalan kaki 256 menit.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X