Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Ingin Jadi Destinasi Belanja di Asia

Kompas.com - 09/05/2012, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Untuk menyambut hari ulang tahun Jakarta yang ke-485, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Pemda DKI kembali menggelar program tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, festival yang sudah memasuki tahun ke-5 ini akan digelar lebih lama, yaitu 1,5 bulan, mulai 1 Juni - 14 Juli 2012.

FJGS, yang kali ini mengusung tema "Jakartaku Harapanku", akan diikuti tak kurang dari 73 mal dan pusat perbelanjaan (termasuk trade centre) yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Jumlah ini meningkat dari FJGS tahun lalu, yang diikuti oleh 68 mal/pusat belanja/trade centre. Selain mal-mal, sejumlah UKM dan koperasi, kafe, restoran, hotel, dan travel agency akan ikut berpartisipasi.

Meningkatnya jumlah peserta, tentunya diikuti dengan meningkatnya target transaksi ritel. Menurut Darwin A. Roni, Sekretaris Panitia Pelaksana FJGS 2012, target transaksi FJGS tahun ini adalah sebesar Rp 10 trilyun. "Itu artinya naik 20 persen dari FJGS tahun 2011, yang nilainya Rp 8,6 trilyun. Sementara target pengunjung tahun ini juga naik sebesar 20 persen," paparnya, saat peluncuran program di Coffee Club, Senayan City, Rabu (9/5/2012).

Lantas apa yang bisa didapat para pembelanja di Jakarta dan sekitarnya saat mengikuti program FJGS ini?

Masing-masing mal tentunya akan menawarkan program diskonnya masing-masing. Yang menarik adalah, tahun ini FJGS akan meluncurkan produk Shopper Card. Kartu belanja ini bisa diperoleh dengan lebih dulu berbelanja dengan transaksi sebesar Rp 250.000 (bisa digabungkan dari maksimal dua struk belanja) di mal-mal yang berpartisipasi.

Kemudian, jika berbelanja dengan transaksi minimum Rp 50.000, Anda akan mendapatkan 1 nomor undian (atau 2 nomor undian jika Anda berbelanja dengan kartu kredit BCA). Nomor-nomor undian bisa diikutsertakan dalam Program Undian Berhadiah FJGS 2012 Shopper Card, untuk memperebutkan hadiah utama berupa satu unit mobil. Hadiah hiburan lainnya adalah berbagai produk elektronik dan gadget dari Samsung.

Karena festival ini diadakan untuk menyambut ulang tahun Jakarta, maka sejumlah acara sosial dan budaya juga digelar. Anda bisa mengikuti program donor darah dengan lebih mudah, karena diadakan di mal-mal yang biasa Anda kunjungi. Selain itu ada Karnaval Andong Hias dan Ondel-Ondel yang akan diarak di jalan protokol di Jakarta.

Khusus menyambut FJGS, jam operasional mal-mal di Jakarta akan diperpanjang hingga tengah malam.

Menyasar konsumen Timur Tengah
Dengan lebih banyaknya pusat perbelanjaan yang akan ikut serta, dan makin bersaingnya harga yang ditawarkan, diharapkan festival ini semakin menarik minat masyarakat untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi belanja bagi kalangan domestik maupun internasional. Maklum saja, banyak orang yang memilih untuk berbelanja ke luar negeri daripada di dalam negeri.

"Minat konsumen untuk berbelanja ke luar negeri itu sebenarnya dipengaruhi oleh 'hari kejepit', dan tiket pesawat yang semakin murah. Selain itu, tax refund (pengembalian pajak untuk barang-barang belanjaan) di luar seperti di Singapura mudah ditemukan di airport," papar Handaka Santosa, CEO Senayan City yang juga Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2012. "Tetapi kita tidak perlu berkecil hati dengan hal itu. Kita bisa meningkatkan daya saing dan pelayanan kita."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com