Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamil 6 Bulan Masih Tak Nafsu Makan

Kompas.com - 13/05/2012, 10:55 WIB

T:
Saya hamil enam bulan, tetapi sejauh ini berat badan hanya naik 2 kg. Nafsu makan tidak ada dari awal kehamilan hingga sekarang. Bagaimana solusinya? Makanan apa yang bisa menggantikan nasi agar berat saya naik? Hal yang lain, anak saya berumur 8 tahun tetapi berat badannya hanya 15 kg. Kata dokter gizinya bagus, keturunannya lah yang membuatnya kecil. Makannya susah, dan hanya mau minum susu saja. Berbagai vitamin sudah saya berikan, tetapi hasilnya nol. Bagaimana ini, Dok? Mohon penjelasannya, dan terima kasih sebelumnya. (Tuti Anggraeni, 35)

J:
Terima kasih juga, Mbak Tuti,
Terlebih dahulu saya ucapkan selamat atas kehamilannya. Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan kecukupan kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, apalagi saat ini sudah memasuki usia kehamilan enam bulan. Ibu dengan usia kehamilan enam bulan membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kkal/hari. Jika tidak ada nafsu makan, Mbak Tuti bisa mulai dari camilan atau snack dalam bentuk kecil namun memiliki energi yang pekat. Contoh camilan yang bisa dicoba: es krim, sup krim, susu, kue-kue (kroket, risoles, pastel, makaroni skotel, roti isi daging, dan lain sebagainya).

Jika Mbak Tuti saat ini sedang “bermusuhan” dengan nasi, mungkin Mbak Tuti bisa menggunakan pengganti nasi seperti bihun, bubur beras, biskuit, havermout, kentang, crackers, makaroni, mie, roti putih, singkong, tepung sagu, tepung hunkwee, talas, terigu, maizena, ubi, tepung beras, dan lain-lain. Semua bahan pengganti nasi ini dapat diolah sesuai dengan yang Mbak Tuti kehendaki, misalnya dibuat kue atau snack yang menggugah selera.

Mengenai anak mba Tuti, saya tidak bisa menentukan berapa berpa badan yang dianjurkan karena jenis kelamin ananda tidak dilampirkan. Peranan faktor keturunan pada pembentukan postur tubuh anak (baik berat maupun tinggi badan) tentulah sangat penting. Namun sebelum “menyerah” pada faktor keturunan, tidak ada salahnya jika mba Tuti mulai memperbaiki dahulu asupan ananda. untuk menambah nafsu makannya dapat dilakukan kreasi berbagai bahan makanan yang dicampur dengan susu yang biasa ananda minum, dengan demikian bisa membantu peningkatan asupan kalorinya. Contoh kreasi makanan berbasis susu misalnya : ice cream, yoghurt, kue diisi vla, soup cream, pasta creamy, dll. Selamat mencoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com