Ogahrugi.com Makin Memanjakan Wanita

Kompas.com - 16/05/2012, 16:21 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Situs daily deal yang banyak kita temukan sekarang ini sebenarnya tidak menentukan target khusus pada segmen wanita. Dalam kenyataannya, perempuan tetaplah menjadi pihak yang membuat keputusan dalam hal keuangan. Secara alamiah, perempuan selalu berusaha menemukan produk dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang termurah. Untuk mendapatkannya, mereka pun bergabung menjadi member di situs-situs penawaran diskon.

Ogahrugi.com termasuk yang merasakan bagaimana penawaran mereka diserbu oleh kaum perempuan. "Kalau dilihat, sekitar 60 persen dari member kami adalah wanita, dengan kisaran usia 18-35 tahun. Setelah berjalan setahun, tanpa sengaja segmennya terbentuk. Meskipun kami semula menyasar anak muda, tetapi rupanya yang niat berbelanja itu wanita," papar Teophilus Bambang, Direktur IT & Business Solution Ogahrugi.com, saat bincang-bincang di Airman Room, Hotel Sultan, Rabu (16/5/2012).

Jika diperhatikan, merchant-merchant yang bergabung dalam situs penyedia kupon belanja online ini pun merupakan tempat-tempat yang kerap dikunjungi kaum perempuan, seperti restoran, kafe, klub, tempat karaoke, salon, spa, modelling school, serta produk-produk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, untuk lebih mendekatkan diri pada segmen wanita, Ogahrugi.com membuat direktori baru yang disebut Spesial Wanita.

Menurut Vera Afianti, Direktur Operasi Ogahrugi.com, pembagian direktori yang spesifik lebih memudahkan kaum perempuan menemukan kebutuhannya. Hasilnya, penjualannya dinilai sangat baik. "Salon dan spa termasuk yang paling tinggi penjualannya. Seperti Siva Esthetic, yang berhasil menjual sampai 5.000 voucher dalam sekali tayang selama tiga mingguan. Tetapi ini juga didukung oleh kesiapannya, karena Siva sudah memiliki sembilan cabang," paparnya pada Kompas Female.

Paket-paket diskon yang ditawarkan dari spa dan salon-salon ini nilainya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 50.000, dengan diskon mencapai 50 persen.   Meskipun begitu, Vera mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk meraih segmen yang lebih atas. Sebagai contoh, klinik Beauty Inc. yang menawarkan voucher Bust Treatment Package senilai Rp 350.000 (dari harga normal Rp 700.000) juga cukup diminati.

Selain salon dan spa, merchant lain yang paling diminati kaum perempuan adalah paket perjalanan wisata dan kuliner. Yang ditawarkan adalah paket perjalanan singkat, misalnya ke Bandung untuk tiga hari dua malam, atau Pulau Umang untuk dua hari satu malam. "Pokoknya penawaran untuk mereka yang ingin refreshing, tapi tujuannya tidak terlalu jauh, dan waktunya juga tidak terlalu lama. Untuk itu kami benar-benar mencari harga yang termurah untuk member," tambah Vera.

Oleh karena itu, Ogahrugi.com saat ini memasang target untuk meningkatkan jumlah member. Semakin banyak member-nya, semakin banyak pula merchant yang ingin bergabung, sehingga voucher yang ditawarkan juga semakin variatif.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X