Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Soegija" Diputar di Semarang

Kompas.com - 21/05/2012, 15:58 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com- Kendati baru akan ditayangkan secara resmi di bioskop-bioskop pada 7 Juni mendatang, Film "Soegija" karya sutradara Garin Nugrogo, Senin (21/5/2012), diputar di sebuah bioskop di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pemutaran film yang berlangsung mulai pukul 10.00-12.00 itu disaksikan Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta, para pastur, bruder, dan suster, serta undangan khusus. Hadir pula produser Romo Murti Hadi Wijayanto SJ.

Menurut Uskup, pemutaran film tersebut merupakan ungkapan syukur atas anugerah Tuhan yang terwujud dalam diri Mgr Albertus Soegijapranata. "Film ini layak ditonton siapa saja karena membawa pesan keberagaman dan kemanusiaan, membangkitkan nasionalisme," ujarnya.

Adapun Garin mengaku sangat puas dengan film yang dihasilkannya. Selain pemainnya benar-benar menghayati perannya, proses pembuatannya juga lebih cepat dari rencana. "Proses keseluruhannya tujuh bulan, tapi syutingnya hanya sekitar satu bulan," paparnya.

Hal yang senada juga diungkapkan Romo Murti. Ia mengaku punya kebanggaan tersendiri bisa memproduksi Film Soegija yang sarat dengan pesan-pesan kemanusian. Film Soegija berdurasi sekitar 115 menit. Sosok Mgr Soegijapranata diperankan Nirwan Dewanto.

Film ini mengisahkan kepemimpinan uskup pribumi pertama di Indonesia, yang diangkat di tengah situasi gejolak perang Asia Pasifik. Kisah yang diangkat dalam film berlangsung tahun 1940-1950, saat Soegijapranata melakukan silent diplomacy serta prinsip kebangsaan dan kemanusian.

Film ini juga didukung Butet Karterejasa (pemeran koster Toegimin), Anissa Hertami (pemeran Mariyem), Wouter Braaf (pemeran fotografer Belanda), Olga Lidya (pemeran mama Ling Ling), Andrea Reva (Ling Ling), Hengky Solaiman (pemeran kakek Ling Ling), serta sejumlah pendukung lainnya.

Pemutaran film tersebut menggugah sejumlah penonton, yang beberapa kali meneteskan air mata karena terharu menyaksikan tayangan-tayangan dalam film tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com