Rasa Takut Saat Dicabut Gigi

Kompas.com - 24/05/2012, 10:17 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :  

Dok, bagaimana cara supaya saya tidak merasa takut untuk cabut gigi saya? Pasalnya, ada gigi saya yang berlubang dan tidak mungkin ditambal. Namun saya merasa takut tiap kali berniat ke dokter gigi untuk mencabutnya. Bagaimana solusinya agar pada saat dicabut saya tidak merasakan sakit, karena gigi saya masih terlalu kuat untuk dicabut (hanya goyang sedikit saja)? Mohon jawabannya. Terima kasih.

(Merni, 26 Bekasi)

 

JAWAB :

Mbak Merni yang baik, anda tidak perlu merasa takut untuk pergi ke dokter gigi. Sekarang banyak sekali tersedia klinik-klinik gigi dengan konsep ruangan yang sangat nyaman, misalnya konsep living room. Begitu anda memasuki klinik, anda akan disambut dengan ramah dan akan merasa seperti di rumah sendiri.

Satu hal penting, yakinkanlah diri anda, bahwa datang ke dokter gigi adalah untuk kepentingan kesehatan anda sendiri. Untuk masalah gigi berlubang yang ingin dicabut, mungkin harus dilakukan pemeriksaan dulu oleh dokter gigi. Kalau memang ternyata perlu dicabut, anda tidak perlu merasa risau.

Dokter gigi paham betul bagaimana prosedur pencabutan gigi yang tepat. Anda akan diberikan obat bius lokal, untuk menghilangkan rasa sakit anda selama pencabutan. Baru-baru ini diperkenalkan juga teknik hypnodontia. Teknik ini menggunakan metode hipnosis untuk menyingkirkan rasa takut dan sakit dalam perawatan gigi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.