Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Efek "Menyusui Tandem"?

Kompas.com - 24/05/2012, 11:03 WIB

TANYA :

Saya pernah menyusui pada saat hamil anak kedua dan setelah anak kedua lahir.  Saya menyusui anak pertama dan anak kedua saya secara bersamaan (tandem) karena jarak anak pertama dan kedua hanya 20 bulan. Alhamdulillah sampai saat ini mereka baik-baik saja. Sekarang anak pertama usia 5,4 tahun dan anak kedua usianya 3,7 tahun. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah pola menyusui yang saya lakukan itu salah? Apakah ada efek negatif bagi kedua anak saya dikemudian hari? Atas jawaban yang diberikan, Saya ucapkan terima kasih.

(Sri Rahayu, 34, Bandar Lampung)


JAWAB :

Dear bunda Sri. Wow, hebat sekali bunda dan anak-anak sudah melaksanakan tandem nursing. Pasti menyenangkan sekali ya, selalu bertigaan bersama anak.

Menyusui saat hamil dan menyusui secara tandem itu tidak apa-apa bunda, selama tidak membahayakan bunda maupun bayi yang dikandung (tidak ada kontraksi yang berisiko keguguran). Untuk nutrisi pun, tubuh akan memberikan yang terbaik melalui ASI.

Jadi, tidak ada efek negatif, bahkan tendem nursing mengajarkan anak untuk belajar berbagi sejak dini. Mudah-mudahan selalu kompak ya...

 

 

Andriana Chaizir, Ketua AIMI Jawa Barat dan Konselor Menyusui.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com