Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Tenun dan Songket dengan Harga Terjangkau

Kompas.com - 29/05/2012, 11:37 WIB

KOMPAS.com - Popularitas kain daerah seperti batik, songket, dan tenun, membuat banyak desainer mencoba mengeksplorasinya melalui pakaian siap pakai. Sayangnya, sampai sekarang penggunaan busana berbahan kain tradisional seperti rancangan desainer masih terbatas pada kalangan menegah atas saja. Padahal jika dilirik lebih jauh, masyarakat menengah ke bawah sebenarnya memiliki keinginan yang cukup besar untuk tampil gaya dengan busana tradisional. Tentunya, dengan harga yang lebih terjangkau.

"Untuk membantu masyarakat mendapatkan busana bergaya tradisional karya desainer, maka Blok B membuat zona butik Busana Citra Daerah (BCD), ungkap Ho Mely Surjani, General Manager Marketing Blok B Pasar Tanah Abang kepada Kompas Female, saat pembukaan zona butik BCD di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2012) lalu.

Selain membantu memperkenalkan busana daerah, pembentukan zona butik BCD yang dimotori oleh desainer Tuty Cholid ini bertujuan untuk membantu para desainer memasarkan busana mereka dalam jumlah besar (mass product).

Ditambahkan Mely, butik-butik di zona BCD diramaikan oleh lini menengah dari beberapa desainer kawakan Indonesia seperti Adrianto Halim, Tuty Cholid, Jeny Tjahyawati, Itang Yunasz, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti Krajan Troso (batik dan tenun Jepara), batik Madura, Bu Ning (sulam dan bordir khas Toraja), dr Ian (tenun NTT), Batik Ozzy (batik Pekalongan), dan lain-lain.

Pemusatan UKM dalam satu zona ini diharapkan mampu memfasilitasi UKM agar dapat berkembang dan memiliki daya saing yang lebih baik sehingga mampu menarik minat para pembeli grosir baik dalam maupun luar negeri. "Zona ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kain Indonesia kepada masyarakat luar negeri yang berkunjung ke Blok B," jelas Mely.

Mely menjanjikan harga yang ditawarkan di zona ini tak jauh berbeda dari toko-toko lainnya. "Meski ada beberapa butik desainer kawakan Indonesia, namun harga yang mereka jual sudah disesuaikan dengan daya beli masyarakat, dengan kualitas yang tetap baik dan model yang up to date," bebernya.

Produk yang ditawarkan di zona ini terdiri atas busana batik, tenun, songket, dan sulam dari berbagai daerah di Indonesia, yang diwujudkan dalam bentuk tunik, blus, kemeja, rok, sampai busana muslim.

Sebagai rangkaian dari acara pembukaan zona baru ini, Pasar Tanah Abang Blok B mengadakan pameran butik busana citra daerah yang diikuti dengan demo sulam, tenun, dan batik, dan peragaan busana citra daerah. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner khas daerah, dan mengunjungi pameran kain tenun sepanjang 100 meter tanpa putus, yang berhasil memecahkan rekor MURI. Pameran ini akan berlangsung hingga 28 Juni 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com