Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alice Rahmawati, Jalani Modelling dari Semarang

Kompas.com - 30/05/2012, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Cuaca Semarang siang pada awal April 2012 itu tak terlalu bersahabat. Di sana-sini terlihat mendung menggantung, tetapi udara panas menyengat. Mungkin akan segera turun hujan. Lewat telepon, suara Alice (30) sayup-sayup terdengar, ”Kita ketemu di tepi laut….”

Alice Rahmawati Oyong Wijaya, model bertubuh jangkung dengan wajah keindo-indoan, belum tiba ketika tiupan angin laut begitu kencang. Restoran, tempat kami berjanji, masih sepi. Cuma seorang penyanyi dadakan yang mendendangkan lirik, ”Semuanya telah kuberi/dengan ketulusan hati/untukmu/hanya untukmu....” Itu lagu hits dari kelompok band Armada. Siang jadi lumayan galau….

Tiba-tiba sebuah puisi melintas di benak: //Tangan ini menampung luka dari mata, selalu begitu tanpa minta apa-apa//. Itulah salah satu puisi pendek yang pernah dikirimkan Alice.

Model yang pernah meraih 10 Besar Puteri Indonesia tahun 2002 ini sudah lama bercita-cita membuat sebuah buku. Buku dan diskusi adalah keseharian Alice setelah memilih menetap dan membangun keluarga di Semarang. Ia tinggalkan Salatiga, kota kelahiran dan tempatnya menuntut ilmu, untuk memburu karier sebagai seorang model profesional. Dan dari Semarang, ia menyejajarkan diri dengan model-model pada masa Arzetti dan Ari Wibowo berjaya. Alice bahkan sering kali menyusuri catwalk di panggung-panggung negeri singa, Singapura.

Hebatnya seluruh aktivitas dunia model itu dijalani Alice dari Semarang, kota yang hampir tak pernah tercatat dalam industri mode di Tanah Air. Kenapa? ”Aku mulai dikenal saat memenangi Puteri Indonesia Jawa Tengah. Jadi biarlah di sini saja…,” tutur Alice.

Kami sudah berhadap-hadapan memandang ke arah laut. Sebuah biduk yang ditambatkan di tepi sebuah kolam pancing dimainkan dua anak-anak. Itulah anak-anak Alice, Matthew Xavier Thera (4) dan Luke Sebastian Thera (3). Anak-anak yang tumbuh cepat di usia Alice yang baru menanjak 30 tahun.

Mengapa? ”Rumah tangga itu karier buatku…,” kata Alice. Ia serius, lalu memandang jauh ke arah cakrawala dan menunjuk arah biduk. ”Seperti biduk. Pada akhirnya harus tertambat setelah berlayar…,” kata Puteri Persahabatan Indonesia 2002 ini. ”Aku ingin memulai segala sesuatu lebih cepat,” tambahnya.

Bukan masa lalu
Dunia model, bagi Alice, memang bukan masa lalu. Tetapi, prioritas dan realitas hidupnya kini berkata lain. Ia harus meneguhkan komitmennya sebagai ibu, yang bertanggung jawab membesarkan dan mendidik anak-anak. Penyerahan diri yang total di haribaan keluarga, menurut Alice, akan membuatnya leluasa menjalani hidup kelak ketika anak-anak lebih cepat besar.

Keluarga bagi perempuan kelahiran Salatiga, 23 Januari 1982, ini tidak berhenti di lingkup keluarga inti. Alice bersama beberapa sahabatnya di Salatiga dan Semarang bergiat merangkul anak-anak jalanan. Ia tak merasa perlu membuat semacam lembaga formal. ”Kehidupan sosial itu soal ketulusan dan keikhlasan. Jadi, aku lakukan segalanya dengan dasar itu,” ujarnya.

Alice merasa langkahnya bukan sesuatu yang besar. Ia cuma mencoba melakukan hal-hal kecil yang bisa ia berikan. Suatu kali ia menggalang dana untuk seorang gurunya di satu SMA di Salatiga sampai kemudian sang guru mendapatkan perawatan lantaran penyakit kanker getah bening. Pada waktu berbeda bersama kelompoknya, sebagian besar para perempuan yang tinggal di Semarang, ia menggalang dana untuk anak-anak jalanan di Semarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com