Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotong Alpukat Agar Tidak Pahit

Kompas.com - 03/06/2012, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Selain populer dinikmati dalam bentuk jus dengan tambahan susu cokelat, alpukat juga banyak digunakan sebagai salad atau es buah yang segar. Namun, daging buah alpukat terasa agak sedikit pahit usai dikerok. Rasa pahit ini disebabkan karena Anda terlalu mengeroknya terlalu dalam, dan mengenai lapisan berwarna hijau dekat kulit buahnya.

"Triknya adalah memotong daging buahnya menjadi beberapa bagian yang berukuran sama, dan tak mengeroknya terlalu dalam," ungkap Kay Chun, Deputy Food Editor majalah Bon Appetit.

1. Belah alpukat menjadi dua bagian memanjang. Pisahkan kedua bagian tersebut, sehingga biji alpukat menempel pada salah satu bagiannya.
2. Tusuk biji alpukat dengan menggunakan pisau pada bagian pangkal (dekat pegangan pisau). Setelah biji menempel, gunakan bantuan ibu jari untuk membuang biji dari pisau.
3. Ambil salah satu bagian buah, dan dengan menggunakan ujung pisau buat pola goresan berbentuk kotak-kotak yang sama besar. Menggores dengan ujung pisau ini bertujuan agar daging buah yang pahit tidak ikut tergores. Gores hanya bagian dagingnya saja, namun jangan sampai menembus kulit alpukat. Proses menggores alpukat ini bertujuan memudahkan mengambil daging alpukat.
4. Setelah terbentuk goresan kotak-kotak, ambil daging alpukat ini dengan bantuan sendok. Jangan menyendok daging alpukat ini terlalu dalam hingga mengenai kulitnya, agar alpukatnya tidak terasa pahit. Jika tak langsung disantap, tambahkan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis untuk mencegah warna buah alpukat berubah warna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com