Gigi Menguning karena Pakai Kawat

Kompas.com - 04/06/2012, 08:40 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya sudah memakai kawat gigi sekitar 6 bulan, tapi entah mengapa gigi saya menguning. Padahal saya sudah menyikat gigi sebelum tidur, sesudah bangun tidur, dan sesudah makan. Pernah saya memakai obat kumur, namun tetap saja menguning. Sebulan sebelum saya memakai kawat saya pernah dirawat hampir 1 bulan dan hingga sekarang ketergantungan obat resep dokter.  Apakah gigi saya menguning akibat ketergantungan obat? Apa baik melakukan bleaching gigi agar putih kembali ?  Adakah saran lain dari dokter ? Terimakasih dokter...

(Tina Azahara, 22, Bogor)

JAWAB :

Mbak Tina yang baik, sebagai pengguna kawat gigi, anda memang harus memberikan perhatian lebih bagi kebersihan gigi-geligi anda. Warna gigi menguning pada kasus anda mungkin disebabkan karena sisa makanan yang menempel di gigi dan bukan karena penggunaan obat resep dokter seperti yang anda katakan.

Frekuensi menyikat gigi anda sudah tepat, namun anda mungkin harus memperbaiki lagi teknik menyikat giginya dengan cara gerakan memutar kecil pada permukaan gigi depan, samping kiri dan kanan. Bagian atas (oklusal) gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Sedangkan untuk bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar.

Penggunaan sikat gigi khusus ortodontik, yaitu proxabrush atau interdental toothbrush akan memudahkan penyikatan diantara gigi dan kawat gigi. Anda juga dapat menggunakan benang gigi sebagai tambahan untuk membersihkan gigi-geligi anda.

Penggunaan obat kumur tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya sekarang dihentikan saja dulu. Sebaiknya anda juga harus rutin melakukan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi, paling tidak 2-3 bulan sekali.

Melakukan tooth bleaching dalam masa penggunaan kawat gigi boleh-boleh saja, namun banyak hal yang harus dipahami sebelum anda melakukan tooth bleaching. Sebaiknya anda mengkonsultasikannya lebih lanjut dengan dokter gigi anda.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.