Uang Duka, Berapa Besar Pantasnya?

Kompas.com - 06/06/2012, 14:21 WIB
EditorAdministrator

T:
Bila ada salah seorang karyawan yang mengalami musibah atau kematian, di kantor kami biasanya diedarkan kantong sumbangan. Mengingat seringkali karyawan tersebut tidak kami kenal, sepantasnya berapa besar sih uang sumbangan duka yang harus kami berikan? (Safira, Bandung)

J:
Sumbangan untuk uang duka, angpao pernikahan, dan saweran kado adalah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh kita sebagai warga Budaya Timur. Apabila kita tidak punya pos khusus yang dialokasikan untuk jenis pengeluaran ini, maka dampaknya adalah ketidakaturan dalam disiplin anggaran.

Saya seringkali menggunakan jumlah acuan normal sebagai berikut;
ï    Sumbangan duka: Rp 50.000-100.000
ï    Angpao pernikahan: Rp 200,000-350.000
ï    Saweran kado: Rp 50.000-150.000

Jumlah nilainya tentu saja fleksibel tergantung bagaimana kedekatan Anda dengan pihak yang diberikan. Namun, acuan tersebut dapat digunakan sebagai jumlah minimal.

Alokasi pengeluaran ini harus diambil dari Pos Pengeluaran Sosial. Dari penghasilan bulanan yang kita terima, usahakan untuk  mengalokasikanantara 2,5 - 5 persen untuk pos sosial. Semoga saran saya bermanfaat. Live a Beautiful Life!

ZAPtion!
1.    Membuat rekening khusus untuk pos sosial. Rekening ini harus berbentuk tabungan, sehingga memudahkan Anda saat  perlumenarik dana.
2.    Sisihkan antara 2,5 - 5 persen dari gaji bulanan dengan metode debit otomatis. Apabila Anda tidak membuatnya  otomatis, sayajamin pos sosial ini akan nol terus saldonya.
3.    Jujur pada diri sendiri. Apabila dana yang tersedia untuk kegiatan sosial tidak mencukupi, Anda masih boleh untuk menarik dana dari pos pengeluaran pribadi. Namun, artinya Anda harus sadar bahwa belanja pribadi bulan ini harus berkurang. Dan Anda dilarang untuk mengambil anggaran dari pos dana  pendidikan anak.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.