Longsor akibat Gempa Tewaskan 80 Orang

Kompas.com - 12/06/2012, 15:32 WIB
EditorKistyarini

KABUL, KOMPAS.com — Lebih dari 80 orang diperkirakan tewas akibat tanah longsor menyusul gempa bumi yang terjadi di wilayah utara Afganistan, Senin (11/6/2012).

"Ini benar-benar tragedi kemanusian. Satu desa lenyap," kata Gubernur Baghlan kepada BBC, Selasa.

Guncangan gempa menyebabkan sebagian badan gunung runtuh dan menimbun lebih dari 23 rumah di sebuah desa di Distrik Borka, Baghlan.

Gempa dengan magnitudo 5,4 itu mengguncang seluruh wilayah Provinsi Baghlan. Namun, lima distrik mengalami kerusakan terparah akibat gempa tersebut.

Kerusakan yang ditimbulkan gempa itu baru terlihat jelas pada Selasa. "Batu dan tanah setinggi 10-20 meter menimbun rumah-rumah itu. Mengingat kecepatan longsoran tanah itu, kecil kemungkinan warga di sana selamat," kata juru bicara Gubernur Baghlan.

Gempa pertama diketahui bermagnitudo 5,4, disusul gempa berkekuatan kurang lebih sama beberapa menit kemudian. Getarannya terasa hingga Kabul yang berjarak 170 kilometer dari pusat Baghlan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.