Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Pia Nasution Turun 7 Kg

Kompas.com - 14/06/2012, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Prisia Nasution tergolong artis yang tomboi, dan enggan berdiet untuk menjaga bentuk tubuhnya. "Saya paling tidak tahan untuk diet. Sekalipun lagi niat untuk diet ketat karena keinginan pribadi, lihat ada tukang bakso pasti langsung nggak tahan," ungkap perempuan yang biasa dipanggil Pia ini kepada Kompas Female, di Hongkong Cafe, Jakarta Pusat, Selasa (12/06/2012) lalu.

Untuk membakar kalori dan menjaga bentuk tubuhnya, Pia hanya mengandalkan olahraga seperti hot yoga, muay thai boxing, basket, dan jogging. Ia hanya benar-benar serius berdiet ketika harus memerani sosok penari ronggeng, Srintil, di film Sang Penari. "Di film itu, saya berperan sebagai perempuan dari desa yang kurang gizi. Jadi harus menurunkan berat badan sampai 10 kg, dan mau tak mau harus diet ketat," tukasnya.

Program menurunkan bobot tubuh sampai 10 kg ini harus dilakukannya hanya dalam waktu instan, antara 2-3 bulan. Program tersebut dilakukan dengan menjalankan pola makan tiga kali sehari, namun dengan membatasi jumlah karbohidrat, dan hanya mengonsumsi menu makanan yang rendah lemak.

Saat diet, ia mengaku tidak mengonsumsi nasi putih, dan menggantinya dengan makan nasi hitam. Nasi hitam memiliki kadar karbohidrat yang sangat rendah, namun masih bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Selain itu, ia juga memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan lauk-pauk yang rendah lemak.

"Untuk memenuhi kebutuhan pembakaran energi, nasi hitam ini dipadukan dengan beberapa lauk pauk yang rendah lemak seperti ikan, dan daging tanpa lemak," tukasnya.

Untuk mempercepat proses penurunan berat badannya, Pia selalu bersepeda menuju ke lokasi syuting. "Tiap hari saya naik sepeda dari rumah di Fatmawati menuju lokasi syuting di Cikini," ungkapnya. Perjalanan dengan sepeda ini memakan waktu antara 1,5-2 jam.

Pada akhirnya, target penurunan berat badan sebesar 10 kg tidak tercapai. Bukan karena Pia tidak mampu, melainkan karena ia dianggap sudah cukup kurus. Dalam waktu yang cukup instan, Pia ternyata sudah menurunkan berat badannya sampai 7 kg. "Dengan pola diet seperti itu, berat badan saya turun dari 58 kg menjadi 51 kg," ungkap mantan atlet pencak silat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com