Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cemas karena Kebanyakan "Browsing"

Kompas.com - 15/06/2012, 08:04 WIB

TANYA :

Dok saya mempunyai kecemasan berlebih terhadap kondisi fisik saya. Setiap hari saya memeriksa denyut nadi dan tiap hari saya selalu browsing di internet tentang gejala yang saya alami. Ketika saya browsing, saya jadi tambah cemas dan makin menjadi sakitnya. Pasalnya, berita di internet tidak selalu sama dan membingungkan, misalnya ada informasi bahwa sakit dada adalah gejala jantung tapi di alamat yang lain mengatakan sakit dada tak hanya gejala jantung dan masih banyak lagi kasus-kasus yang lain. Saya juga suka berkonsultasi online dengan website yang mnyediakan konsultasi online. Sungguh saya ingin lepas dari kebiasaan browsing di internet tentang penyakit tapi sangat sulit. Bagaimana solusinya dok?

(Asep, 31, Sukabumi)

JAWAB :

Pak Asep yang baik,

Kecemasan akan fisik yang "sakit" atau kekhawatiran berlebih akan mengalami penyakit banyak diderita oleh orang yang mengalami gangguan kecemasan menyeluruh atau gangguan somatisasi.  Pada pasien-pasien yang mengalami gangguan kecemasan, mereka sering kali mengalami gejala-gejala fisik akibat aktifitas berlebihan sistem saraf otonom di tubuh yang membuat banyak mengalami keluhan seperti jantung berdebar, sesak napas, rasa tidak nyaman di perut, merasa pegal dan nyeri otot. Kita sehari-hari mengenalnya sebagai keluhan Psikosomatik.

Kondisi ini sering membuat pasien memeriksakan diri sampai berkali-kali ke dokter spesialis walaupun semua hasilnya baik. Kebingungan akan "penyakit"nya ini juga sering kali membuat pasien bertindak tidak cukup rasional dengan menjalankan berbagai macam cara pengobatan yang mungkin belum terbukti ilmiah karena hanya berdasarkan cerita-cerita teman.

Di jaman internet saat ini, malah pasien semakin memanfaatkan informasi yang ada walaupun kebingungan dalam menyaring semuanya sehingga yang ada bukan menjadi baik malah semakin bertambah rasa sakit dan bingungnya. Mengenai hal ini saya pernah tuliskan di salah satu artikel saya di kompas.com dengan judul "Penyakit karena kebanyakan browsing".

Saran saya paling cepat adalah memutuskan koneksi bapak ke internet karena jika hanya membatasi maka bapak akan tetap memutuskan untuk melihat-lihat website informasi kesehatan kembali. Lalu selanjutnya segeralah berkonsultasi untuk mengobati kondisi bapak.

Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com