Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajarkan Anak Mandiri Saat Bepergian

Kompas.com - 15/06/2012, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Keluarga Indonesia yang bepergian dengan pesawat kerap tak melibatkan anak dalam mengurus proses check-in di bandara. Berbeda dengan kalangan ekspatriat yang terbiasa "melepas" anak-anaknya untuk mengurus perjalanan tentu dengan pendampingan dari pihak maskapai penerbangan.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga memiliki layanan pendampingan untuk anak usia 2-11, yang disebut Unaccompanied Minor. Layanan ini paling sering digunakan kalangan ekspatriat yang menerbangkan anak-anak di bawah umur, tanpa kehadiran orangtua.

"Airlines full service biasanya memiliki layanan UM ini. Kebanyakan ekspatriat yang menggunakan jasa ini karena anak-anaknya sudah dibiasakan mandiri," jelas Sakti Prameswari, Marketing Communication Coordinator PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., saat ditemui Kompas Female menjelang keberangkatan lima peserta kegiatan Superkids Trip to Singapore, Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (15/6/2012).

Menurut Sakti, biasanya orangtua membawa pengasuh untuk menemani anak-anak saat melakukan perjalanan. Anak-anak pun siap berangkat dengan berbagai keperluan, termasuk aktivitas di bandara, dengan bantuan orangtuanya.

"Dari kegiatan ini kami berharap bisa mengedukasi anak-anak bagaimana caranya check-in dan mengurus imigrasi saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Perjalanan luar negeri dipilih karena harus melewati beberapa tahap saat keberangkatan, sehingga anak bisa belajar memahami berbagai tahapan itu," jelasnya.

Perjalanan Superkids ke Singapura ini diikuti lima anak, yang melakukan perjalanan bersama keluarga untuk mengisi liburan sekolah.

"Orangtua tetap ikut, namun mengawasi dari jauh, karena tujuannya memang mengajarkan anak mandiri," lanjutnya.

Untuk mengikuti kegiatan ini, orangtua harus mendaftarkan diri dalam program Garuda Indonesia Holiday. Karena bukan kegiatan kompetisi, orangtua yang berminat liburan sekaligus mengedukasi anak, membayar biaya perjalanan USD 613 per anak, dan USD 630 per orang untuk dewasa.

Biaya ini termasuk tiket ekonomi pulang pergi, menginap tiga hari dua malam di hotel bintang empat di pusat kota di Singapura, serta tur ke tiga tujuan wisata: Jurong Bird Park, Universal Studio, dan Night Safari.

"Banyak yang antusias dengan program ini, tetapi banyak orangtua dan anak yang tak bisa berangkat karena belum sepenuhnya liburan sekolah. Rencananya kami akan mengadakan program serupa untuk tujuan Kuala Lumpur. Mudah-mudahan bisa di tahun ini juga," tutupnya.

Superkids Trip to Singapore diikuti oleh Yudhisira Purwadi (6), Rayyan Purwadi (3), Prana Arivianza (8), Ghinina Ramia Putri Rumahorbo (7), dan Grace Ajeng Nuria Rumahorbo (14).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com