Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2012, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Sering makan di meja kerja karena terlalu sibuk? Mungkin Anda sudah tahu bahwa terlalu lama berada di meja kerja membuat Anda mengalami keletihan dan burnout. Kalau sudah jenuh, kita jadi tidak produktif. Dari sisi kebugaran, cara kita menggunakan waktu makan siang memiliki dampak yang besar dalam cara kita menghadapi sisa hari. Kita tahu tubuh butuh rehat sejenak untuk mengisi kembali dayanya dan kemampuan fokus kembali.

Makan sambil bekerja juga bisa meningkatkan risiko gagal diet. Saat makan sambil bekerja, biasanya pandangan Anda akan tertuju pada layar komputer, sementara tangan mengambil makanan. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa menikmati makanan dengan baik, dan membuat perut terus merasa lapar. Akibatnya, makanan yang dimakan akan lebih banyak.

Selain itu, tanpa Anda sadari kebiasaan makan di meja kerja membuat area ini menjadi sumber bakteri. Menurut penelitian dari San Diego State University terhadap 18 perkantoran di New York, San Francisco, dan Tucson, beberapa area yang paling berkuman di kantor adalah meja, kursi, telepon, mouse komputer, keyboard, dan komputer. Para peneliti menemukan banyak bakteri yang berasal dari aktivitas sehari-hari seperti bersin, batuk, dan remah-remah sisa makanan.

Anehnya, bakteri ini paling banyak ditemukan di punggung kursi. Menurut Krissi Hewit, salah satu peneliti, kebanyakan orang hanya membersihkan meja dan keyboard saja, sehingga kuman di telepon dan punggung kursi tetap berada di tempatnya.

Jumlah kuman yang ada di meja kerja akan meningkat ketika meja Anda berdampingan dengan meja rekan kerja pria. Penelitian mengungkapkan bahwa meja kerja pria memiliki 10-20 persen bakteri lebih banyak daripada meja kerja wanita.

Akan tetapi, jika memang kesibukan memaksa Anda untuk makan siang di ruangan, sebaiknya lakukan beberapa saran dari Philip Tierno, PhD, ahli mikrobiologi klinis dan imunologi dari New York University Langone Medical Center berikut ini:

1. Bersihkan area kerja Anda sebelum dan sesudah makan. Bersihkan sisa makanan dan minuman yang tertinggal di meja. Sebanyak 80 persen infeksi kuman ditularkan melalui kontak langsung, termasuk kuman yang terdapat di permukaan meja.

2. Cuci tangan sebelum makan. Jangan biasakan untuk menggunakan pembersih tangan tanpa air jika tidak dalam keadaan darurat.

3. Gunakan bantuan kertas, tisu, atau serbet untuk menghindari remahan makanan atau minuman. Letakan kotak makan Anda di atas serbet agar makanan tidak jatuh ke meja.

4. Jangan bekerja sambil makan. Bekerja sambil makan akan mencemari meja kerja dan makanan Anda. Pasti Anda tak ingin seluruh permukaan meja jadi lengket dan berminyak karena sisa makanan yang disantap, kan?

Makan siang di luar ruang kerja sebenarnya bisa membantu Anda untuk lebih rileks dan santai sejenak. Setelah pikiran kembali segar dan kenyang, otak akan kembali siap untuk bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com