Ungkapan "Terima Kasih" Bikin Pernikahan Langgeng

Kompas.com - 22/06/2012, 08:41 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Menjaga kelanggengan hubungan pernikahan sebenarnya tak terlalu rumit. Sebuah studi dari University of California, Berkeley, mengungkapkan bahwa hanya dengan sering mengucapkan "terima kasih" pada pasangan, Anda dapat menciptakan hubungan yang bahagia. "Terima kasih" merupakan kata yang sering dilupakan, padahal dua kata ini merupakan wujud dari rasa menghargai satu sama lain.

Meski terdengar remeh, kedua kata ini memiliki banyak dampak positif dalam pernikahan. "Adanya perasaan dihargai oleh pasangan akan memengaruhi sikap dan tindakan seseorang terhadap pasangan. Rasa ini juga akan memengaruhi seberapa besar keinginan Anda untuk tetap hidup bersamanya dengan bahagia," ungkap Amie Gordon, salah satu peneliti.

Penelitian ini melibatkan 50 peserta dengan status pendidikan yang tinggi, dan sudah memiliki pasangan selama 15 bulan. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner setiap malam selama satu minggu penuh. Kuesioner ini berisi pertanyaan tentang hubungan mereka sebagai pasangan, dan juga tentang adanya sikap saling menghargai antarpasangan.

Sembilan bulan kemudian, peserta studi kembali diberikan pertanyaan yang sama tentang hubungan mereka. Dari hasil penelitian ini diperoleh data, bahwa ketika salah satu pasangan merasa dihargai pasangannya, keesokan harinya mereka juga akan kembali menghargai pasangannya. Dan dalam sembilan bulan kemudian, terlihat adanya perasaan saling menghargai antarpasangan sehingga mereka memiliki komitmen hubungan yang lebih kuat satu sama lain.

Tim peneliti meneliti pasangan berusia antara 18-60 tahun, dan sudah berpasangan. Khusus untuk lansia, mereka memilih orang yang sudah menikah lebih dari separuh usia mereka untuk dipantau aktivitas kesehariannya. Misalnya, bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, seberapa sering mereka bersentuhan, melakukan kontak mata, dan ngobrol santai.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa semakin sering pasangan memahami dan peduli satu sama lain, mereka akan merasa lebih dihargai dan lebih bahagia dalam hidup. Ungkapan terima kasih sendiri sebenarnya tak harus selalu diungkapkan dalam kata-kata. Beberapa perilaku sederhana seperti bersandar ke pasangan saat berbicara, melakukan kontak mata, memberi sentuhan yang lembut, juga dianggap sebagai cara mengungkapkan rasa terima kasih secara non-verbal.

Namun, salah satu kesalahan yang sering dilakukan pasangan adalah ketika salah satu mulai sering menuntut. Tuntutan akan membuat pasangan merasa tak dihargai. Sebaliknya, mengatakan terima kasih atas dengan tulus akan membantu Anda menyadari apa yang dimiliki. "Karena si dia sudah menjadi hak milik dalam hidup, Anda jadi lupa apa yang membuat Anda memilih untuk hidup bersamanya," tukasnya.

Bila Anda menghargai dan melihat nilai positif dalam diri pasangan, ada baiknya untuk selalu menyadari apa yang dimiliki, dan ucapkan terima kasih kepada si dia sesering mungkin dengan berbagai cara. Sikap menghargai akan membantu meningkatkan kualitas hidup pernikahan Anda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X