Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Kompas.com - 22/06/2012, 08:45 WIB

TANYA :

Dok, saya mau tanya bagaimana cara supaya menghilangkan rasa cemas berlebihan karena belakangan ini saya sering mengalami rasa cemas akan kejadian yang akan datang. Awal pemicu kekhawatiran saya berasal dari terlalu sering menghadapi masalah yang ada di keluarga.  Efek kekhawatiran ini, saya sering merasa sakit kepala, sakit punggung dan takut berlebihan. Untuk itu, saya membutuhkan motivasi dan saran dari dokter untuk bisa menghilangkan rasa cemas yang sering terjadi belakangan ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih...

(Euis R, 32, Cianjur)

JAWAB :

Ibu Euis yang baik,

Rasa cemas biasanya dihubungkan dengan perasaan tidak aman atau terancam yang dialami individu. Untuk mengatasi perasaan terancam itu, maka tubuh bereaksi dengan respon sistem saraf otonom yang akhirnya kadang bekerja berlebihan. Itulah mengapa saat cemas datang kita suka merasa berdebar-debar, sulit bernapas, tidak enak perut atau pegal-pegal di otot.

Masalah keluarga adalah hal yang memang sering menjadi pemicu, tetapi cara kita beradaptasi atau menghadapi masalah itu yang sering lebih berperan dalam timbulnya gejala-gejala cemas yang ibu alami. Perempuan memang lebih sering mengalami gejala gangguan kejiwaan terkait rasa cemas dibandingkan laki-laki karena berbagai faktor kerentanan yang dimiliki perempuan baik secara psikologis, sosial maupun biologis seperti hormonal.

Untuk itu, mungkin apa yang bisa dilakukan pertama kali adalah bagaimana mengatasi masalah keluarga yang sering menjadi pemicu. Untuk ibu sendiri bisa belajar relaksasi atau mencoba terapi memperhatikan jalan napas masuk dan keluarnya (teknik ini dikenal dengan Mindfulness Therapy).

Relaksasi dan terapi dilakukan setiap hari untuk mengurangi kecemasan dan membuat kenyamanan buat itu. Biasanya sehari dilakukan dua kali pagi dan malam dengan waktu sekitar 10 menit setiap sesi. Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com