Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Berjemur, Pria Lebih Perkasa

Kompas.com - 28/06/2012, 15:05 WIB

Kompas.com - Ada cara mudah dan murah untuk meningkatkan keperkasaan pria, yakni dengan rajin berjemur. Menurut penelitian, paparan sinar matahari dan jumlah vitamin D yang cukup akan meningkatkan produksi testosteron, hormon yang mempengaruhi libido.

Dalam studi yang dimuat dalam Journal Clinical Endocrinology terhadap lebih dari 2.299 pria diketahui pria yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi ternyata memiliki level hormon seks yang tinggi pula.

Kadar hormon testosteron yang rendah akan memengaruhi libido pria dan menurunkan kadar energi. Testosteron juga berperan penting, baik pada pria atau wanita, untuk menjaga kekuatan otot dan kepadatan tulang.

Peneliti dari Medical University of Graz, Austria, menemukan pria yang memiliki kadar vitamin D kurang dari 30 nanogram per milimeter darah, memiliki testosteron lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang kekurangan vitamin D.

Karena para responden dalam penelitian tersebut adalah pria yang tinggal di negara empat musim, maka diketahui level testosteron mereka memuncak di bulan Agustus dan turun drastis di musim dingin, terutama di bulan Maret.

Profesor Winfriend Marz, yang melakukan riset ini, menyebutkan bahwa fokus penelitian para ilmuwan saat ini adalah mencari tahu apakah suplemen vitamin D memiliki efek yang sama pada level testosteron.

Kendati begitu, para ahli kanker mengingatkan bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari berakibat buruk pada kesehatan.

"Secara medis sebenarnya kita bisa meningkatkan kadar libido pria melalui pemberian terapi suplemen testosteron," kata Allan Pacey, pakar andrologi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com