Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Obat Diet, Kok Berat Malah Naik?

Kompas.com - 04/07/2012, 10:02 WIB

T:  
Dok, saya mau tanya soal kapsul diet yang banyak beredar di media massa. Apakah itu termasuk boleh, dan menyehatkan atau tidak? Saya pernah coba beberapa kali tapi hasilnya malah mengecewakan. Badan saya tetap saja, dan berat badan malah nambah nih.... Porsi makan sudah saya kurangi, sampai tidak makan pun saya pernah. Saya makan hanya 1-2 kali sehari, Dok, itupun langsung porsi besar. Apakah itu menyehatkan? Minta saran dong Dok, biar tubuh saya sehat dan ideal. Terima kasih. (Lestarina,  21)

J:
Terima kasih kembali Lestarina,
Mengenai kapsul diet untuk penurunan berat badan yang banyak beredar di pasaran, saya tidak bisa memberi komentar karena saya tidak mengetahui apa zat aktif yang ada dalam kapsul tersebut. Diet dengan cara mengurangi jadwal makan secara drastis (hanya makan 1-2 kali sehari atau bahkan tidak makan) sangatlah tidak tepat, apalagi jika tiap kali makan dalam porsi yang besar.

Lalu bagaimana diet yang tepat agar mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing ideal? Jawabannya mudah. Tentu saja dengan pola hidup sehat, yang meliputi:
1. Makan dengan jumlah yang sesuai kebutuhan. Saya tidak bisa menghitung kebutuhan Lestarina secara tepat karena tidak dilampirkan data berat badan, tinggi badan, maupun aktivitas/kegiatan Lestarina sehari-hari.
2. Jenis makanan yang dikonsumsi harus mengikuti menu diet lengkap dan seimbang. Artinya harus mengandung cukup:
* karbohidrat (nasi, kentang, roti, ubi, jagung, dll)
* protein (ikan, daging, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dll)
* lemak (minyak jagung, minyak olive, dll)
* vitamin, mineral dan serat (sayuran dan buah-buahan)
* air
3. Jadwal makan sebaiknya dibagi dalam porsi kecil dan sering, jadi makan tidak boleh sekaligus dalam jumlah besar.
4. Jangan lupa lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang teratur setiap hari minimal 30 menit. Contoh dengan berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, dll.
5. Istirahat cukup.
6. Hindari stres karena pada orang tertentu saat stres malah mengkonsumsi makanan lebih banyak.
7. Jika dengan tindakan di atas, Lestarina masih belum berhasil menurunkan berat badan, maka jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter terdekat yang ada di kota Anda, agar dapat diberikan susunan diet yang tepat dan nasihat yang tepat sesuai kebutuhan serta kondisi Lestarina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com