Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2012, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Berhubungan seks punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu membakar kalori dan memiliki manfaat yang sama seperti olahraga. Anda bisa menukar jadwal ke gym dengan berhubungan seks untuk mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan. Berhubungan seks merupakan cara alternatif untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, selain juga melatih fleksibilitas tubuh dan kekuatan otot.

Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa aktivitas seksual juga mampu membakar kalori. Anda bisa membakar 200-700 kalori dari aktivitas seksual, jumlahnya bergantung pada jenis aktivitasnya.  Selain dampak kesehatan, hubungan seks juga berdampak pada psikis seseorang. Anda akan merasa rileks dan bahkan mampu mengusir stres.

Rata-rata kalori terbakar saat berhubungan seks, adalah 85 kalori per setengah jam. Ini setara dengan menurunkan berat badan sekitar setengah kilogram setelah 21 jam. Jadi, kalau Anda ingin membakar lebih banyak kalori, maka Anda bisa menambah intensitas dan durasi hubungan seks.

Menurut Dating Coach, Carmelia Ray, setiap aktivitas seksual punya kontribusi terhadap pembakaran kalori, berikut penjelasannya:

* Foreplay:  tahap pemanasan pada hubungan seksual sudah mampu membakar kalori, sekitar 25 kalori per 15 menit.
* Pijatan: aktivitas seksual seperti pijatan sensual juga bisa membakar kalori hingga 80 kalori per jam. Aktivitas yang menyenangkan ini pun punya kontribusi dalam pembakaran kalori saat berhubungan seks.
* Seks oral: boleh jadi Anda tak terlalu menyukai aktivitas seks ini, namun nyatanya seks oral pun membantu Anda membakar kalori hingga 100 kalori per setengah jam.
* Orgasme: kemampuan mencapai orgasme tak hanya berdampak secara psikis. Anda bisa membakar 60-100 kalori kalau mampu orgasme saat berhubungan seks.

Untuk bisa membakar kalori secara maksimal saat berhubungan seks, caranya sederhana saja. Luangkan lebih banyak waktu bersama pasangan menikmati momen intimasi, hadirkan hasrat dan energi saat melakukannya, dan nikmati aktivitas seksual tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com