Kompas.com - 11/07/2012, 15:03 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Berhubungan seks punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu membakar kalori dan memiliki manfaat yang sama seperti olahraga. Anda bisa menukar jadwal ke gym dengan berhubungan seks untuk mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan. Berhubungan seks merupakan cara alternatif untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, selain juga melatih fleksibilitas tubuh dan kekuatan otot.

Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa aktivitas seksual juga mampu membakar kalori. Anda bisa membakar 200-700 kalori dari aktivitas seksual, jumlahnya bergantung pada jenis aktivitasnya.  Selain dampak kesehatan, hubungan seks juga berdampak pada psikis seseorang. Anda akan merasa rileks dan bahkan mampu mengusir stres.

Rata-rata kalori terbakar saat berhubungan seks, adalah 85 kalori per setengah jam. Ini setara dengan menurunkan berat badan sekitar setengah kilogram setelah 21 jam. Jadi, kalau Anda ingin membakar lebih banyak kalori, maka Anda bisa menambah intensitas dan durasi hubungan seks.

Menurut Dating Coach, Carmelia Ray, setiap aktivitas seksual punya kontribusi terhadap pembakaran kalori, berikut penjelasannya:

* Foreplay:  tahap pemanasan pada hubungan seksual sudah mampu membakar kalori, sekitar 25 kalori per 15 menit.
* Pijatan: aktivitas seksual seperti pijatan sensual juga bisa membakar kalori hingga 80 kalori per jam. Aktivitas yang menyenangkan ini pun punya kontribusi dalam pembakaran kalori saat berhubungan seks.
* Seks oral: boleh jadi Anda tak terlalu menyukai aktivitas seks ini, namun nyatanya seks oral pun membantu Anda membakar kalori hingga 100 kalori per setengah jam.
* Orgasme: kemampuan mencapai orgasme tak hanya berdampak secara psikis. Anda bisa membakar 60-100 kalori kalau mampu orgasme saat berhubungan seks.

Untuk bisa membakar kalori secara maksimal saat berhubungan seks, caranya sederhana saja. Luangkan lebih banyak waktu bersama pasangan menikmati momen intimasi, hadirkan hasrat dan energi saat melakukannya, dan nikmati aktivitas seksual tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.