Kompas.com - 11/07/2012, 15:42 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Di usia batita, terutama menjelang tiga tahun, anak mampu menirukan banyak hal, seperti menyanyi, menari, bahkan mengucapkan syair atau sajak. Biasanya ia menirukan apa yang dilihatnya, baik dari televisi, perilaku kakak, teman atau orangtuanya sendiri.

Bernyanyilah bersama balita sambil melakukan kegiatan yang sesuai dengan isi lagu tersebut, seperti "Bangun Tidur Kuterus Mandi" ketika membangunkan si batita di pagi hari dan mengajaknya ke kamar mandi. Atau lagi "Cicak di Dinding" ketika Anda dan si kecil bermain bersama di teras dan menemukan ada cicak di dinding. Bisa juga sambil menirukan gerakan binatang, bebek berjalan, misalnya.

Jika ada perekam, rekamlah anak saat bernyanyi lalu putar kembali dan saksikan bersama-sama. Biasanya ia sangat senang melihat kembali rekamannya dan akan bernyanyi lagi. Boleh saja membelikan VCD lagu anak-anak, sebaiknya yang berisi pesan positif dan biarkan anak menyaksikannya. Sesekali ajak anak menonton pertunjukkan operet sehingga ia semakin terangsang untuk menyanyi dan menari.

Manfaat
Dewi Romadhona, Psi, psikolog di TK Mutiara Indonesia, Citra Raya Tangerang, Banten menjelaskan menyanyi adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Tanpa diminta pun anak kerap bernyanyi sendiri. Oleh karena itu, bernyanyi dapat memberikan kesenangan pada anak sehingga ia bisa menjalani aktivitas kesehariannya dengan lebih baik.

Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengembangkan imajinasi anak, kreativitasnya, kemampuan melakukan peniruan, kemampuan mengingat, menambah perbendaharaan kosakata, serta menggali pengalaman bagaimana memanjangkan, meninggikan, dan merendahkan suaranya, juga memahami konsep sederhana semisal pemahaman tentang balon yang berbentuk bulan pada lagu "Balonku".

Secara mental, anak akan bertambah kepercayaan dirinya sebab ia mampu menunjukkan kemampuannya kepada orang di sekitarnya. Anak pun bisa lebih sehat karena biasanya ia bernyanyi sambil menari sehingga otot dan tulangnya ikut bergerak.

(Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X