Antisipasi Stok Darah, PMI Sebar Gerai Donor

Kompas.com - 13/07/2012, 12:48 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Mengantisipasi menurunnya pasokan stok darah selama bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) giat melakukan aksi jemput bola ke pusat keramaian di berbagai daerah sehingga para pendonor lebih mudah menyumbangkan darahnya.

Selama bulan Ramadhan, stok darah di PMI akan menurun sampai 50 persen dari biasanya yang mencapai 800-1000 kantong darah perhari.

"Stok darah paling sedikit biasanya pada satu minggu sebelum Lebaran sampai dua minggu setelahnya," kata dr.Robby Nur Aditya, Kepala Seksi Unit Donor Darah dan Informasi, PMI Pusat, di sela kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tupperware di Jakarta, Jumat (13/7).

PMI juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan komunitas, terutama komunitas non-muslim, untuk menggiatkan kegiatan donor darah selama bulan puasa. "Kami juga melakukan penyesuaian jam pelayanan darah, menjadi siang sampai malam selama bulan puasa," paparnya.

Selain itu PMI juga menyebarkan mobile unit donor darah yang akan berkeliling ke pusat-pusat keramaian, dengan target 50 kantong darah perhari.

Robby mengungkapkan, berbagai pendekatan yang dilakukan PMI selama ini sudah menunjukkan peningkatan kantong darah yang signifikan.

"Sejak tahun 2009, sudah ada peningkatan kantong darah sampai 16 persen dibanding dengan kepengurusan tahun sebelumnya. Sekarang ini sudah tembus 2,2 juta kantong darah dan targetnya 2,5 juta kantong darah di tahun 2012 serta naik 20 persen tiap tahun," imbuhnya.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X