Kiat Donor Darah di Bulan Puasa

Kompas.com - 14/07/2012, 12:07 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berpuasa seharusnya tidak menghalangi seseorang untuk mendonorkan darahnya. Asalkan tubuh dalam kondisi sehat dan dilakukan pada waktu yang tepat, mendonorkan darah tidak akan membuat tubuh menjadi lemas.

Selama bulan puasa, biasanya terjadi penurunan jumlah pasokan darah sampai 50 persen dari normalnya 800-1000 kantong perhari.

"Melakukan donor darah pada dasarnya tidak membatalkan puasa. Namun dalam perspektif lain donor darah disebutkan bisa menyebabkan dehidrasi," papar dr.Robby Nur Aditya, Kepala Seksi Unit Donor Darah dan Informasi, Palang Merah Indonesia, disela acara donor darah yang diadakan oleh Tupperware di Plaza Semanggi Jakarta, Jumat (13/7).

Untuk mencegah dehidrasi, sebenarnya bisa disiati dengan melakukan donor darah menjelang jam buka puasa atau sehabis sahur.

"Jangan lupa mengonsumsi cukup cairan sebelum melakukan donor," imbuhnya.

Mereka yang dinyatakan boleh mendonorkan adalah orang yang berusia di atas 17 tahun, bertubuh sehat, memiliki berat badan minimal 45 kilogram, tekanan darah minimal 100/60, serta kadar hemogloblin 12,5 - 17.

 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X