Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donor Darah Dilakukan Malam Hari

Kompas.com - 18/07/2012, 19:09 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com- Selama Ramadhan, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Gresik, Jawa Timur, membuka donor darah pada malam hari. Donor darah malam hari dibuka mulai 27 Juli nanti.

Kepala Unit Donor Darah PMI Gresik Jufrita Endryana, Rabu (18/7/2012), menyatakan, donor darah malam hari digelar di bunderan Gresik Kota Baru dan Alun-alun Gresik.

Di bunderan GKB dibuka tenda, di alun-alun dioperasikan bus donor yang dilengkapi empat tempat tidur untuk melayani pendonor. "Tahun lalu kami per hari bisa menerima 30 sampai 50 kantong darah. Sebanyak 50 persen pendonor baru," kata Jufrita.

Ketua PMI Gresik M Najib menambahkan, jumlah darah di Unit Transfusi Darah Gresik saat ini mencapai 1.400 kantong darah. Dengan tambahan darah saat donor darah selama puasa diharapkan persediaan darah mencukupi untuk kebutuhan saat Lebaran Idul Fitri.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim meminta pengurus PMI Gresik 2012-2017 juga mendata dan mensurvei kekeringan yang melanda 13 kecamatan di Gresik. Hasil pendataan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gresik.

"Ini untuk antisipasi bencana, agar kekeringan tidak terlalu berdampak pada kehidupan masyarakat," ujar Qosim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com