Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2012, 18:25 WIB

KOMPAS.com - Bingung memilih menu untuk berbuka puasa? Sesekali, coba buat daging panggang. Tidak sulit membuat daging panggang, karena Anda hanya perlu membuat merendam potongan besar daging sapi dalam bumbu (marinate) selama beberapa jam. Kemudian daging ini hanya tinggal dipanggang bersama saus rendaman dan beberapa potong sayuran aromatik seperti wortel, seledri, dan lain-lain, untuk menambah rasa.

"Aroma dan jus dari sayuran ini akan meresap ke dalam daging sapi dan memperkuat rasanya," kata Chef Vindex Tengker, saat demo masak di The Food Hall, Plaza Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat akan disajikan, barulah daging dipotong-potong dan disantap bersama saus yang lezat. "Namun biasanya, daging ini akan dipotong dan disantap sesaat setelah matang. Itu sebabnya daging terasa kering dan tidak lembut," jelasnya. Untuk menghindari hal ini, Vindex menyarankan untuk tidak langsung mengiris daging saat daging baru saja matang.

Untuk menghasilkan tekstur daging yang sempurna, yaitu daging yang empuk dan juicy di bagian dalam namun garing di luar, sebaiknya tunggu sampai daging agak sedikit dingin. Pemotongan daging dalam kondisi panas (baru matang) akan membuat jusnya mudah keluar saat dipotong, dan membuat daging menjadi kering dan kurang sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com