Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 14:33 WIB

KOMPAS.com Blush on merupakan salah satu kosmetik yang wajib digunakan untuk menghasilkan tampilan wajah yang merona. "Meski terbilang mudah, masih banyak perempuan yang salah mengaplikasikan blush on atau perona pipi," ungkap make-up artist, Philip Kwok, dalam demo make-up beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Philip, masih banyak orang yang salah membedakan cara menggunakan shading dengan blush on. Blush on seharusnya digunakan di tulang pipi agar pipi terlihat lebih tinggi. Namun, orang sering mengaplikasikan blush on ini di tulang rahang. "Padahal seharusnya shading-lah yang ada di tulang rahang agar pipi terlihat lebih tirus dan kecil," ungkapnya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan blush on? Selama ini, mungkin Anda menyapukan blush on dengan cara meniruskan pipi dan rahang Anda (mulut dikerutkan ke depan), baru kemudian kuas blush on disapukan di sepanjang garis pipi ini. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena akan membuat aksen garis panjang pada pipi, dan pipi terlihat kempot.

Saat menggunakan blush on, sebaiknya Anda membuat mimik muka tersenyum. Saat wajah tersenyum, tulang pipi akan terangkat ke atas dan kencang. Tulang pipi yang terangkat inilah yang harus disapukan dengan blush on. "Metode ini akan menghasilkan gambaran tulang pipi Anda yang naik dan lebih kencang," bebernya.

Selain itu, hindari juga untuk terlalu berlebihan dalam menggunakan blush on. Gunakan perona pipi hanya untuk bagian pipi saja, bukan di bagian lain seperti di hidung, dagu, dan dahi. Philip mengungkapkan, aplikasi perona pipi yang terlalu banyak akan membuat keseluruhan wajah menjadi memerah, dan justru mirip penderita flu.

Adapun untuk mendapatkan tulang pipi lebih kurus dan tirus, aplikasikan shading berwarna coklat di tulang rahang. Berbeda dengan blush on, shading menghasilkan bayangan yang maksimal ketika Anda meniruskan (mengerutkan) wajah. Posisi wajah dan mulut yang berkerut ini akan membantu Anda menemukan tulang rahang dan memberi bayangan di atasnya agar pipi lebih kecil. Jika diaplikasikan dengan tepat, shading ini akan berada di bawah sapuan warna blush on.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com