Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2012, 01:01 WIB

KOMPAS.com - Program belanja tengah malam sudah banyak digelar oleh pusat perbelanjaan. Agar tidak monoton, dan memberikan pengalaman belanja yang baru bagi pengunjungnya, Senayan City menggelar shopping pagi-pagi. Acara belanja yang merupakan bagian dari program "Senayan City Sacred Ramadhan Midnight Shopping" digelar mulai Jumat (3/8/2012) hingga Minggu (5/8/2012).

Selama program berlangsung, Senayan City akan buka selama 38 jam nonstop, dimulai pada Sabtu (4/8/2012) pukul 10.00, dan berakhir pada Minggu (5/8/2012) pukul 24.00. "Kalau hari Minggu pagi kan biasanya orang suka jalan-jalan pagi, atau seperti sekarang, habis sahur bingung mau ngapain, mendingan ke mall aja. Belanjanya bisa santai, enggak usah buru-buru," papar Veri Y. Setiady, Direktur Marketing Senayan City, saat media gathering di Grand Hanei, Senayan City, Jakarta, Jumat (3/8/2012).

Program belanja pagi-pagi bukan baru sekali ini diadakan oleh mall yang dikelola oleh PT Agung Podomoro Land Tbk ini. Program Morning Shopping pertama kali digelar untuk menyambut perayaan Natal pada 19 Desember 2009. Kemudian, diadakan lagi untuk memeringati Hari Raya Imlek dan hari Valentine pada 13 Februari 2010, serta untuk menyambut Hari Natal pada 17 Desember 2011.

Dalam program Sacred Ramadhan Midnight Shopping kali ini, tak kurang dari 265 tenant akan bergabung, di antaranya gerai fashion dan lifestyle seperti Debenhams, gerai elektronik seperti Best Denki dan iBox, dan gerai food & beverage. Bahkan brand premium seperti Gucci dan Bottega Veneta pun akan ikut berpartisipasi, dan memberikan program diskon yang lumayan meringankan kantong. Diskon yang diberikan bervariasi, berkisar antara 20 persen hingga 70 persen. Untuk transaksi dengan kartu kredit BCA, akan diberikan diskon tambahan sebesar 25 persen.

Selain itu, ada berbagai program sampingan yang ditawarkan. Contohnya, program "7 Hours of Blessing Gift", di mana setiap pembelanjaan minimal Rp 500.000 yang dilakukan mulai pukul 21.00-04.00 akan memberikan pengunjung kesempatan meraih hadiah berupa Samsung LED TV 42 inci, Samsung Galaxy Note, Osim Chair, Sony Camera, Sony Handycam, iPod Touch, dan BlackBerry Torch.

Anda juga bisa mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 50.000 dari Best Denki, apabila transaksi pembelian dilakukan dengan menggunakan kartu kredit BCA. Pengguna kartu kredit ini juga bisa memanfaatkan cicilan 0 persen selama 24 bulan dari gerai-gerai yang bergabung dalam program ini.

Yang tak kalah menggoda adalah penawaran New iPad (iPad 3) 32 GB Wifi + 4G dengan diskon Rp 2 juta, atau seharga Rp 5.900.000 (dari harga normal Rp 7.900.000). Tablet PC ini hanya disediakan sejumlah 30 unit, dan berlaku setelah Anda melakukan pembelanjaan dengan nilai tertentu pada Minggu pukul 01.00-10.00.

Saat program berlangsung di luar jam-jam operasional yang biasa, pengunjung tak perlu merasa canggung karena suasana akan tetap meriah. Menjelang waktu sahur, misalnya, Anda bisa mengikuti program Sahur at the Mall. Caranya dengan berbelanja mulai pukul 24.00 - 04.00, lalu menukarkan struk pembelanjaannya dengan voucher senilai Rp 50.000. Voucher ini bisa digunakan untuk bersantap di gerai-gerai F&B.

Jika kaki sudah mulai lemas, Anda bisa beristirahat di area atrium mall sambil menikmati pertunjukan dari para pengisi acara. Pada malam pembukaan tadi (Jumat, 3/8/2012), ditampilkan kolaborasi perkusi dari Aksan Sjuman dan Tyo Nugros, yang sama-sama merupakan mantan drummer kelompok DEWA19. Sejumlah atraksi lain akan dihadirkan oleh The Angel Percussion, Drew, Endah & Rhesa, Project Pop, Stand Up Comedy oleh Soleh Solihun, Bubu Girl, hingga Rejoz The Groove Percussion & Friend.

"Pokoknya setiap jam ada hiburan, dan setiap jam ada bagi-bagi hadiah langsung melalui undian," ujar Veri.

Untuk memastikan program midnight shopping ini berjalan dengan lancar, Senayan City juga menyiapkan petugas keamanannya, serta menyediakan klinik dan ambulans untuk pengunjung yang mengalami gangguan kesehatan. Parkir gratis disediakan selama 13 jam, mulai Sabtu pukul 21.00 hingga Minggu pukul 10.00.

Puncak dari penyelenggaraan program ini adalah pemberian penghargaan dari MURI, karena dengan buka selama 38 jam nonstop artinya Senayan City berhasil mencetak rekor untuk kategori "mall yang buka nonstop terlama". Penghargaan akan dilaksanakan pada hari Minggu pukul 24.00, tepat ketika program berakhir.

Meskipun begitu, bagi Senayan City, menyelenggarakan program yang menarik dan menguntungkan konsumen adalah yang utama. "Mudah-mudahan product creativity semacam ini membuat Jakarta semakin menjadi tujuan wisata belanja," harap Veri, sambil menambahkan bahwa transaksi ritel dari program Jakarta Great Sale yang baru lalu telah meningkat sebesar 13,9 persen, melampaui target yang ditetapkan.

"Ini bukti bahwa orang Indonesia kembali memilih Jakarta sebagai tujuan belanja, dan tidak lagi hanya berbelanja di luar negeri," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com