Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Asia Mulai Populer di Kalangan Wisatawan

Kompas.com - 04/08/2012, 12:49 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu aktivitas wisata yang diincar turis pastilah wisata kuliner. Tak selalu yang dicari turis adalah kuliner khas negara tersebut. Turis bisa saja menemukan restoran Italia yang enak di Bangkok, pun restoran Jepang kelas atas di London.

Dalam survei baru-baru ini yang dilakukan Hotels.com kepada 27 ribu pelancong mancanegara menunjukkan adanya perubahan tren makanan yang dicari oleh turis saat berwisata. Walaupun makanan barat masih menjadi favorit, survei menunjukan kuliner Asia mulai "naik daun".

Makanan khas Italia masih menjuarai dengan perolehan suara 32 persen, sementara masakan Perancis di peringkat kedua dengan suara 24 persen. Nah, di posisi ketiga ternyata diperoleh masakan Jepang yang memang semakin populer, dengan perolehan suara 18 persen.

"Makanan Jepang dilihat sebagai contoh makanan sehat dan ada banyak restoran Jepang dalam ibu kota negara-negara yang penduduknya lintas budaya," ungkap Alison Couper dari Hotels.com, seperti dikutip dari CNNGo.com.

Selain Jepang, beberapa kuliner Asia yang masuk dalam peringkat 10 besar antara lain masakan China (13 persen), Thailand (8 persen), Taiwan dan India (masing-masing 5 persen). Sedangkan peringkat 10 besar untuk dunia yakni Italia, Perancis, Jepang, China, Spanyol, Amerika Serikat, Meksiko, Thailand, India, dan Taiwan.

Dalam survei juga dibeberkan jenis makanan favorit dari negara asal para pelancong. Dan, pelancong asal Jepang pun membeberkan lima jenis makanan Jepang kegemaran mereka yaitu sushi, tempura, ramen, soba Jepang, dan Okonomiyaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com