Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2012, 15:54 WIB

Kompas.com - Di usia lima tahun, seharusnya anak sudah belajar menggunakan toilet dan mampu mengendalikan buang air kecilnya sehingga ia tidak mengompol. Tetapi sebagian anak masih memiliki kebiasaan mengompol di atas usia lima tahun.

Bila anak selalu mengompol setiap malam, kemungkinan besar ia memiliki ukuran kandung kemih kecil atau memang ia belum punya kemampuan respon untuk bangun saat kandung kemihnya penuh. Namun masalah ini biasanya hilang sendiri seiring dengan usia.

Tetapi jika anak yang biasanya tidak mengompol kemudian mulai mengompol lagi, biasanya disebabkan karena gangguan emosional, misalnya pindah rumah atau pindah sekolah. Jika periode stres itu berlalu, ngompolnya akan berhenti.

Pada kebanyakan kasus mengompol pada anak, cara terbaik untuk menanganinya adalah bersikap sewajar mungkin. Mengompol di usia 5 tahun sebenarnya masih tergolong normal dan akan berhenti sendiri.

Para dokter dalam The American Academy of Peditarics menyarankan agar orangtua tidak memaksa anak atau menghukum mereka karena mengompol.

Mengontrol kandung kemih memang memerlukan keterampilan tersendiri seiring perkembangan anak. Dibutuhkan waktu dan kesabaran. Bicarakan pada anak bahwa Anda mengerti kesulitannya dan akan membantunya.

Membiasakan anak untuk selalu buang air kecil sebelum tidur bisa membantu. Sebaiknya hindari anak minum terlalu banyak sebelum tidur. Tak ada salahnya memberi si kecil hadiah jika ia berhasil tidak ngompol lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com