Kompas.com - 09/08/2012, 14:38 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com - Setiap orang tua pasti pernah mengalami bayi dalam pelukan menangis dan terlihat sengsara dan Anda hanya berharap ia bisa mengatakan dengan tepat keinginannya. Tapi bagaimana jika bayi ternyata benar-benar telah mencoba untuk memberitahu Anda semuanya, hanya saja Anda tidak mengetahui cara memahaminya.

Sebuah buku baru yang luar biasa, mengklaim bahwa setiap bayi menggunakan sinyal untuk berkomunikasi. Orang tua bisa belajar menafsirkan setiap deguk, tawa serta ekspresi wajah bayi mereka.

Dalam The Blossom Method, psikoterapis dan pakar bahasa tubuh Vivien Sabel, membeberkan bahwa setiap ekspresi bayi dapat ditafsirkan. Bahwa orang tua dapat mengetahui kalau bayi mereka lapar, senang, marah, kembung, ingin bermain atau ingin dipeluk.

"Semua kelakuan menggemaskan yang bayi buat dengan mulut, lidah, bibir, mata dan alis adalah cara bayi mencoba untuk memberitahu kita apa yang mereka butuhkan," jelas Vivien.

Ekspresi memikirkan makanan

(Kiri: ekspresi mulai memikirkan makanan. Kanan: bayi menatap konstan pada ibunya, sambil memoncongkan mulut dan lidah keluar masuk tanda ia siap diberi makan)

Vivien mengamati ratusan bayi selama enam tahun penelitian untuk bukunya, termasuk anaknya sendiri Blossom. Dalam bukunya Vivien mengembangkan tiga prinsip: pertama amati ekspresi wajah bayi Anda, kedua bertingkahlah seperti cermin dengan mengikuti mimiknya, itu cara memberitahukan kepadanya bahwa Anda faham yang mereka maksud. Kemudian merespon dengan menyediakan yang mereka butuhkan.

Sementara ide-idenya mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal, akan tetapi para ahli pertumbuhan anak percaya bahwa bayi mulai berkomunikasi jauh sebelum mereka mencoba untuk membentuk kata-kata pertama mereka.

"Seorang anak siap untuk berkomunikasi sejak lahir," kata Clare Bolton, dari National Literacy Trust. Bayi akan memukau Anda dengan menggunakan gerakan, ekspresi wajah dan suara untuk mencoba berkomunikasi.


Kiri lapar, kanan kembung
(Kiri: saya benar-benar lapar. Kanan: mengantuk tapi perutnya kembung)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X