Kompas.com - 14/08/2012, 16:46 WIB
EditorDini

T:
Saya termasuk orang yang suka makan ikan. Karena saya sedang berdiet, jadi saya putuskan untuk mengonsumsi protein dari ikan. Saya mendengar rumor mengenai marlin yang berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung merkuri. Benarkah itu? Apakah saya harus menghapus marlin dari daftar makanan saya? Terimakasih. (Winda Kartika, 23)

J:
Dear Winda,
Menu diet yang sehat memang sangat baik jika secara rutin memasukkan ikan untuk santapan sehari-hari. Sebab, ikan kaya akan jenis lemak tak jenuh ganda omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan. Memang sumber omega 3 paling banyak terdapat pada produk ikan. Namun sumber protein hewani tidak hanya ikan, Winda masih dapat menggunakan telur atau daging ayam yang tentunya memiliki jenis asam amino yang tidak kalah dibanding ikan.

Bagaimana dengan ikan marlin? Ikan marlin kaya akan lemak omega 3, protein, dan sodium. Namun berdasarkan data dari FDA 1990-2010, "National Marine Fisheries Service Survey of Trace Elements in Fishery resource” Report 1978, "The Occurrence of Mercury in the Fishery Resources of the Gulf of Mexico" Report 2000, dikatakan bahwa ikan marlin (yang dianalisis adalah ikan yang ditangkap di perairan Teluk Meksiko) mengandung merkuri sebanyak 0,485 ppm. Artinya, nilainya sudah melebihi jumlah yang diijinkan, yaitu 0,15 ppm. Oleh karena itu ikan marlin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Winda jangan berkecil hati dengan keadaan ini, karena masih banyak sekali jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi seperti ikan salmon, tuna, maupun ikan kakap merah. Jadi dari sekarang Wina dapat mulai makan protein yang bervariasi, baik dari variasi ikannya maupun dari sumbernya. Protein nabati yang terdapat pada tahu, tempe, kacang-kacangan, dll, juga jangan ditinggalkan….



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X