Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembantu Mudik, Setrika Tetap Licin

Kompas.com - 16/08/2012, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Penampilan menjadi salah satu kunci keberhasilan Anda untuk menjalin komunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, apalagi Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Tak hanya bermodalkan bersih, tetapi Anda butuh pakaian yang rapi dan bebas kusut.

Mungkin, di hari raya nanti Anda sudah mengagendakan rencana bertemu banyak kerabat dan keluarga, baik di dekat rumah ataupun saat mudik ke kampung halaman. Dalam rangka silaturahim itu, Anda perlu stok pakaian dalam jumlah memadai untuk dipakai dalam ragam aktivitas ini. Setrika pun menjadi perlengkapan andalan yang mampu mendukung kebutuhan tersebut, apalagi ketika pembantu di rumah sedang mudik dan terpaksa Anda sendiri yang mengerjakannya.

Berasal dari bahasa Belanda, yaitu "strijkijzer", setrika menjadi buah inovasi abad ke-20 yang mampu menghilangkan kerutan dari pakaian dengan alat yang dipanaskan. Agar setrika Anda berumur panjang, sebaiknya mulailah lakukan perawatan secara rutin.

Tidak sulit kok untuk memulainya. Saat Anda hendak memakainya, pastikan bahwa kabel masih utuh, tidak terkelupas.

Kemudian, hindari setrika dari benda-benda keras seperti kancing baju, resleting, ataupun payet dan ornamen bebatuan pada pakaian. Jika hal tersebut sering Anda lakukan, lama-kelamaan permukaan setrika akan mudah tergores. Anda juga harus menyesuaikan pemakaiannya.

Ada baiknya, kabel setrika jangan langsung digulung karena hal tersebut dapat membuat panas berkurang dan setrika lama-kelamaan rusak. Sebaiknya, gantungkan kabel setrika dengan melengkung di atas paku. (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com