Kompas.com - 16/08/2012, 13:53 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Setrika menjadi perlengkapan andalan yang mampu mendukung kebutuhan penampilan Anda di hari raya Lebaran ini, apalagi ketika pembantu di rumah sedang mudik dan terpaksa Anda sendiri yang mengerjakannya. Anda yang tidak terbiasa menyetrika sendiri, perlu lebih hati-hati memperlakukan dan merawat setrika.

Selesai menyetrika, ada baiknya Anda memastikan telah meletakkan alat ini dalam posisi benar. Cara paling aman adalah dengan menaruhnya di alas yang terbuat dari besi.

Hindari meletakkan benda-benda berbahan plastik berdekatan dengan setrika. Pasalnya, jika kondisi setrika masih panas, benda tersebut bisa menempel pada lapisan teflonnya dan membuat kotor.

Sesekali, Anda juga perlu membersihkan si pelicin pakaian ini, karena kotoran yang menempel pada permukaan setrika dapat mengurangi daya kerjanya. Ada beberapa pilihan cara yang dapat dicoba berikut ini:

- Ketika setrika Anda dalam kondisi dingin, gunakan ampelas halus dan gosokkan pada permukaannya. Niscaya karat, gosong, dan kotoran bisa hilang.

- Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan garam, cuka, air hangat, dan baking soda sebagai pembersihnya. Caranya, campur dan larutkan garam, cuka, baking soda ke dalam air hangat. Kemudian, celupkan kain bersih pada larutan tersebut dan lap permukaan setrika secara merata.

Selamat mencoba! (AJG)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.