Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Setrika untuk yang Belum Terbiasa

Kompas.com - 16/08/2012, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Setrika menjadi perlengkapan andalan yang mampu mendukung kebutuhan penampilan Anda di hari raya Lebaran ini, apalagi ketika pembantu di rumah sedang mudik dan terpaksa Anda sendiri yang mengerjakannya. Anda yang tidak terbiasa menyetrika sendiri, perlu lebih hati-hati memperlakukan dan merawat setrika.

Selesai menyetrika, ada baiknya Anda memastikan telah meletakkan alat ini dalam posisi benar. Cara paling aman adalah dengan menaruhnya di alas yang terbuat dari besi.

Hindari meletakkan benda-benda berbahan plastik berdekatan dengan setrika. Pasalnya, jika kondisi setrika masih panas, benda tersebut bisa menempel pada lapisan teflonnya dan membuat kotor.

Sesekali, Anda juga perlu membersihkan si pelicin pakaian ini, karena kotoran yang menempel pada permukaan setrika dapat mengurangi daya kerjanya. Ada beberapa pilihan cara yang dapat dicoba berikut ini:

- Ketika setrika Anda dalam kondisi dingin, gunakan ampelas halus dan gosokkan pada permukaannya. Niscaya karat, gosong, dan kotoran bisa hilang.

- Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan garam, cuka, air hangat, dan baking soda sebagai pembersihnya. Caranya, campur dan larutkan garam, cuka, baking soda ke dalam air hangat. Kemudian, celupkan kain bersih pada larutan tersebut dan lap permukaan setrika secara merata.

Selamat mencoba! (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com