Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2012, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini produktivitas kerja Anda sudah mulai menurun.Tak perlu menunggu evaluasi dari atasan untuk mengetahuinya, sebab Anda pun sudah mengakui membutuhkan keinginan keras buat sekadar muncul di kantor apalagi bekerja.

Terjebak dalam kebosanan? Itulah yang belakangan Anda keluhkan. Padahal kalau disarankan mengganti profesi pun, sejujurnya Anda enggan melakukannya karena sangat menyukai pekerjaan Anda. Dalam hal ini, pindah kerja tidak selalu menjadi solusi yang terbaik.

Sebenarnya salah satu cara terbaik agar selalu bersemangat dan antusias sepanjang hari adalah menikmati pengalaman baru secara teratur, kata penulis Brendon Burchard. Berikut adalah beberapa ide yang bisa Anda lakoni buat mengatasi perasaan bosan dari buku The Charge: Activating the 10 Human Drives That Make You Feel Alive.

1. Liburan setiap sembilan puluh hari

Ya, setiap sembilan puluh hari, pergilah berlibur bersama pasangan, teman kantor, sahabat atau sendiri. Liburan Ini tidak harus menjadi perjalanan ke luar negeri. Jarak yang diukur bukan dalam kilometer Anda bepergian tetapi seberapa jauh mental Anda dapat mematahkan rutinitas monoton untuk bersantai. Caranya ambil libur satu hingga lima hari dan pergi dari rumah plus segala rutinitas Anda. Snorkling, menikmati udara pegunungan atau kabur ke spa luar kota. Apa pun pilihan Anda lepaskan semua rutinitas. Jangan pikirkan pekerjaan, klien yang belum di follow-up, proposal yang harus diselesaikan, deadline laporan minggu depan. Stop lupakan itu semua dan nikmati liburan Anda. Jika Anda ingin benar-benar keluar dari kebosanan lakukanlah setahun empat kali, dengan syarat Anda harus melakukannya untuk  kepentingan dan keinginan diri sendiri.

2. Wisata kuliner

Tiap akhir minggu buatlah jadwal untuk mencoba sebuah restauran baru atau makanan baru. Misalnya, minggu ini mencicipi makanan Lebanon, minggu depan menyantap Papeda, makanan khas Maluku. Tak perlu harus restauran bintang lima, intinya adalah pengalaman pengalaman bersantap baru. Nah, bila Anda kebetulan tinggal di kota kecil kumpulkan teman-teman dan rencanakan mencoba makanan kota lain setiap 2 hingga 3 minggu sekali.

3. Menikmati pertunjukkan

Cari tahu apa yang terjadi di kota Anda akhir pekan ini? Apakah ada acara atau pertunjukan yang dapat Anda lihat? Pameran baru,  pagelaran tari, teater hingga pertandingan olahraga? Terlepas dari kenyataan bahwa banyak dari kita yang suka pergi ke bioskop, acara olahraga, atau teater, kebanyakan jarang dilakukan. Biasakan untuk di mencari hal yang bisa kita nikmati.

4. Traveling

Apakah Anda memiliki daftar lima puluh tempat di Indonesia hingga dunia yang ingin Anda kunjungi? Lalu apakah Anda secara aktif memeriksa mereka dari daftar, setidaknya satu kali per tahun? Jika tidak, cobalah! Traveling adalah salah satu cara paling ampuh untuk memperkenalkan hal baru yang sehat dan kegembiraan dalam hidup Anda. Buat rencana keuangan untuk hal yang satu ini. Sebab jika tidak mulai menabung khusus yang satu ini maka, petualangan hanyalah mimpi tak pernah menjadi kenyataan. Satu lagi yang perlu Anda catat: aturan utama mengunjungi tempat-tempat baru adalah melakukan sesuatu yang baru. Jangan hanya tinggal di resor atau hotel.

5. Perluas lingkaran pertemanan Anda

Ingatkah saat kita remaja, teman merupakan hal yang terpenting dalam hidup kita, tapi seiring usia bertambah hal tersebut tidak lagi. Tapi persahabatan Anda dan lingkaran rekan adalah pengaruh eksternal paling penting dalam menentukan kebahagiaan Anda (di luar hubungan intim). Perluas lingkaran rekan dengan pergi ke acara networking, penggalangan dana, acara lokal dan pertunjukan. Banyak teman, makin banyak kegiatan dan pengalaman baru yang bisa mengimbangi rutinitas Anda.

6. Pengembangan keterampilan

Apa keterampilan yang ingin Anda kembangkan tahun ini? Seberapa aktifkah Anda dalam menguasai sebuah keterampilan baru seperti menulis, public speaking, menyanyi, memasak, belajar bahasa Italia, bermain sepak bola, atau keterampilan artistik, atletik serta profesional lainnya? Temukan sesuatu yang baru untuk dipelajari. Menikmati proses belajar (meski susah) adalah salah satu jalan termudah menstimulasi otak dan melawan kebosanan dalam pekerjaan juga dalam kehidupan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com