Kompas.com - 22/08/2012, 08:54 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa postur duduk Anda saat bekerja bisa memengaruhi kebugaran tubuh? Fakta mengejutkan lainnya, cara duduk yang salah sering menjadi alasan seseorang untuk pensiun dini. Sebab, saat mereka berusia 40 tahun ke atas tak mampu lagi bekerja karena menderita sakit punggung yang parah.

Saat bekerja orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer. Kalau hal tersebut tidak ditunjang oleh postur tubuh yang benar akan menimbulkan masalah sakit punggung yang akut. Agar tak mengalaminya ada baiknya Anda memperbaiki posisi duduk saat bekerja. Berikut cara yang benar:

1. Atur tinggi kursi

Sebagian besar, kursi kantor bisa disesuaikan tinggi rendahnya. Hanya saja kadang kita terlalu malas untuk melakukannya. Kursi yang kurang nyaman ketinggiannya akan menyebabkan banyak tekanan yang tidak perlu di punggung. Anda harus mencondongkan tubuh ke depan untuk bisa melakukan berbagai aktivitas di meja. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri di punggung bawah.

2. Jangan malas bersandar
Salah satu alasan mengapa kursi Anda memiliki sandaran adalah untuk mengistrirahatkan punggung Anda. Tapi kebanyakan dari kita, saat bekerja tidak duduk dengan punggung bersandar ke kursi. Menyandarkan punggung ke kursi ini bukan semata-mata mencari kenyamanan, namun menjaga punggung tetap lurus. Ketika Anda tak menggunakan sandaran kursi dengan benar, maka akan ada banyak ketegangang pada tulang belakang, terutama pada titik di atas pinggul.

3. Letakkan tangan di atas meja
Jangan pernah duduk di kursi dengan posisi tangan menggantung di sisi tubuh Anda. Sebaiknya, letakkan tangan di pangkuan atau di atas meja. Membiarkan tangan Anda menggantung santai di sisi tubuh akan membuat aliran darah mengalir dengan cepat ke jari (karena gravitasi). Inilah yang menyebabkan jari-jari Anda sakit setelah bekerja.

4. Posisi komputer

Apakah Anda sering menggunakan laptop saat bekerja? Sebenarnya, laptop adalah gadget terburuk bagi punggung Anda. Jika Anda menggunakan laptop yang diletakkan di atas meja, maka biasanya posisi tubuh Anda akan memiliki kecenderungan untuk membungkuk ke arah layar. Posisi ini akan menyebabkan leher terasa pegal hingga nyeri. Sesuaikan ketinggian layar laptop agar sesuai dengan kursi. Hal ini juga berlaku untuk komputer meja (PC).

5. Meregangkan tubuh
Menurut aturan medis, setelah duduk selama 15 menit maka Anda harus berjalan-jalan sebentar agar posisi duduk tak monoton. Sayangnya, tekanan kerja tidak memungkinkan Anda melakukan hal ini. Cobalah untuk bangun dan berjalan-jalan setidaknya sekali dalam satu jam.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X