Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2012, 10:57 WIB

KOMPAS.com - Obat paling ampuh untuk menghilangkan kelelahan adalah bersantai. Tak ada salahnya untuk bermalas-malasan, dan memanjakan diri sejenak. Selain untuk membantu menghilangkan kelelahan, me time juga berfungsi untuk mengembalikan stamina untuk kembali beraktivitas dan juga menghilangkan stres. Berikut beberapa cara mudah untuk bisa mengembalikan semangat dan bersantai di akhir pekan.

1. Mendengarkan musik

Anda pasti tahu bahwa mendengarkan musik bisa membantu menenangkan jiwa. Pilih lagu-lagu kesukaan Anda, dan masukkan ke dalam daftar lagu di dalam ponsel, atau pemutar musik. Cara paling menyenangkan untuk menikmatinya adalah, mendengarkan lagu-lagu tersebut dengan headphone sambil berbaring di sofa yang empuk. Menurut American Pshychological Association, mendengarkan musik selama 10 menit sendirian saja setiap harinya bisa membantu menghambat tubuh dari stres.

2. Pilih posisi favorit
Pelajari sebuah gaya yoga yang sederhana dan nyaman untuk tubuh. Saat sedang merasa stres tinggi, cobalah untuk melakukan posisi yoga ini. Situs The American Academy of Family Physicians mengungkapkan bahwa beberapa gerakan atau pose olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengembalikan energi. Yoga memiliki berbagai posisi gerakan fitnes yang bisa dilakukan dengan mudah.

3. Membaca buku
Manjakan diri dengan membaca berbagai buku favorit. Buku yang paling tepat dibaca sebagai pelarian dari stres adalah buku-buku fiksi yang menyenangkan. Anda hanya menyukai novel-novel roman picisan? Kenapa tidak? Duduklah di sofa yang empuk dan nyaman, lalu nikmatilah jalan cerita dalam setiap lembar halamannya.

4. Jalan-jalan

Untuk menghilangkan stres, jalan-jalan adalah cara yang paling menyenangkan. Hanya saja usahakan untuk memilih tempat rekreasi yang tenang, dimana semua orang memang benar-benar ingin bersantai. Kesamaan tujuan ini akan membantu Anda untuk lebih rileks. Bila lelah, sekadar duduk-duduk bengong sambil menikmati kopi juga menyenangkan.

5. Ngobrol
Saat bersantai cobalah untuk menelepon sahabat lama ataupun keluarga Anda lainnya. Ngobrol santai dengan sahabat atau keluarga dengan santai bisa membantu menghilangkan kejenuhan Anda. Ngobrol saja tentang kehidupan masing-masing, termasuk masalah yang sedang dihadapi. Siapa tahu bisa membantu Anda memandang permasalahan yang sedang dihadapi dalam perspektif yang lebih luas, dan justru Anda mendapat jalan keluarnya.

6. Turunkan tekanan darah
Stres merupakan respons alami yang terjadi ketika seseorang menghadapi suatu kondisi yang sulit. Tak heran hal ini akan membuat tekanan darah Anda meninggi. Untuk menormalkannya kembali cobalah untuk lebih santai dan melakukan sedikit pijatan lembut pada tubuh. Berbaringlah di kasur yang empuk, dan letakkan bantal pada titik-titik tubuh yang terasa sakit sehingga posisinya lebih tinggi dari tubuh. Misalnya pada bagian leher dan bahu.

7. Nyalon
Inilah saatnya untuk bermain-main dengan segala peralatan kosmetik yang Anda beli. Sebotol kuteks bisa jadi permulaan. Warna-warna manis cat kuku ini bisa membantu Anda untuk menciptakan penampilan yang sedikit berbeda dari biasanya. Anda juga bisa bereksperimen peralatan make-up yang biasanya hanya Anda simpan di dalam kotak kosmetik. Makeover penampilan Anda. Bila terlalu repot, Anda bisa langsung berangkat ke salon dan menikmati berbagai jenis perawatan yang ditawarkan di sana.

8. Berendam
Berendamlah di dalam bak mandi yang sudah ditaburi garam mandi, dan ditemani wanginya aromaterapi. Keharuman aromaterapi dan hangatnya air mandi akan membuat tubuh lebih segar. Agar lebih rileks, pilih aroma lavender, ekaliptus, mawar, atau vanila sebagai campuran air mandi Anda. Selain itu, cobalah untuk membuat kondisi ruangan agak sedikit gelap. Misalnya dengan mengganti cahaya lampu dengan beberapa cahaya lilin di kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com